Foto untuk :

KPU Terima Pendaftaran Pasbalon AZ-CSS


Bangkinang Kota (Jarnas) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar menerima berkas pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, Azis Zaenal-Catur Sugeng Susanto, Rabu (21/9) hingga waktu maghrib tiba.

Azis-CSS menyampaikan berkas dukungan kepada Ketua KPU Kampar, Yatarullah didampingi anggota komisionernya disaksikan Panwas Kampar, Panwas Provinsi Riau, seluruh petinggi parpol, hadir juga Kapolres Kampar, AKBP Edy Sumardi P dan juga keluarga besar kedua pasangan calon di Aula Kantor KPU.

Yatarullah menyampaikan, bahwa berdasarkan peraturan PKPU No 9 bahwa ketentuan pendaftaran dilakukan pada senin-kamis, ditetapkan tanggal 21-23 September hingga pukul 16.00 WIB, kecuali Jumat hingga pukul 24.00 WIB hari terakhir.

"Hari ini ada tiga Paslon yang mendaftar, satu pasangan dari jalur independen, Alfisyahri-Asbin Wibowo, kedua dari jalur parpol, Zulher-Dasril dan terakhir Azis-CSS, menyusul pasangan jalur perseorangan, Kamis besok Jawahir-Bardansyah dan M Amin, S.Ag bersama M Saleh dari jalur parpol terakhir  pada Jumat satu pasangan jalur perseorangan, Ardo-Khairuddin," jelas Yatarullah dalam pembukaan Sidang KPU.

Usai menjelaskan itu, pimpinan sidang diserahkan kepada Anggota Komisioner, Ketua Bidang Teknis Penyelenggaraan dan Humas, Sardalis untuk mengecek bahan pendaftaran dari AZ-CSS.

Paslon ini akan berlayar dalam pertarungan Pilkada 2017 dengan dukungan enam Partai Politik (Parpol), jumlah kekuatan yang diperoleh separuh jumlah kursi di parlemen.

Persyaratan yang ditentukan dalam aturan, KPU mengecek satu persatu dukungan parpol pendukung, "Dukungan sementara untuk pasangan Azis-Catur berjumlah 23 kursi, masing-masing Partai Golkar 9 kursi, PPP 3 kursi, Gerindra 5 kursi, Nasdem 3 kursi, PKS 2 kursi dan PKB 1 kursi,"

Mereka yang mendukung dari Nasdem, dihadiri langsung Ketua, Syamsul Moekhkamar dan Sekretarisnya, PPP dihadiri Yurmailis Saruji dan sekretarisnya, Hendrayani, Gerindra dihadiri Ketuanya, Feri Ardiyanto bersama sekretaris, Edison, PKB, Suharmi Hasan dan Afifuddin, PKS dihadiri Kamaruddin dan Sekretaris, Beni Hariyandi, Partai Golkar, dihadiri Ahmad Fikri, namun tanpa dihadiri Sekretarisnya, Eka Sumahamid.

Suasana sidang dalam aula Kantor KPU itu, sempat molor hingga waktu maghrib tiba karena dihebohkan atas ketidakhadiran Eka Sumahamid tanpa keterangan, KPU menanti bukti tertulis keterangan atas ketidakhadirannya di KPU, hanya saja dalam PKPU itu ternyata tidak diwajibkan kehadiran fisik pendukung parpol.

Sebelumnya, Balonbup, Azis  diberi waktu 5 sampai 10 menit menyampaikan sekapur sirih, Azis mengucapkan maaf telah menyita waktu KPU dalam penyambutan kedatangnya bersama wakilnya serta rombongan.

Dia berharap pemilu dapat berjalan dengan demokratis dan sukses, Kampar jadi daerah bermarwah bermartabat serta mendapat ridho dari Allah, pelaksanaan pemilu dapat berlangsung aman, sukses, jujur dan adil.

Paslon ini setelah melakukan deklarasi di Taman Kota diantar oleh ribuan pendukung dan simpatisan bersama petinggi enam parpol pendukungnya dikawal aparat keamanan personil Polres Kampar dan Satpol PP. 

Azis didampingi istrinya begitupun Catur, keduanya duduk di kursi dibawa puade bak pengantin tengah pesta. (ty/jnn)