Foto untuk : Kapolsek Tapung Hilir, AKP Rengga PS Di Kebun Palawija Warga Tandan Sari

Kapolsek Tapung Hilir Motivasi Warga Jaga Ketahanan Pangan


KAMPAR (JarNas) -Kapolsek Tapung Hilir, AKP Rengga Puspo S SIP,MH,SIK menyambangi petani Palawija di Desa Tandan Sari memberikan motivasi agar tetap mengembangkan usaha bidang pertanian demi menjaga stabilitas nasional.

"Dengan adanya kelompok tani Palawija ini dapat mendukung program pemerintah yang mana program tersebut tentang ketahanan pangan dan ini juga bisa mengurangi kegiatan warga yang bersifat negatif," kata Rengga ditemani Bhabinkamtibmas Tandan Sari dan Tapung Makmur beserta Kades Tandan Sari dan perangkangkat desa lainnya mendatangi petani itu di kebunnya, Kamis ( 25/5). 

Dia jelaskan bahwa saat ini pemerintah tengah menggalakkan swasembada pangan, sebab dengan itu dapat mempertahankan stabilitas ekonomi sekaligus stabilitas nasional negara Indonesia.

"Ketersediaan pangan yang cukup dan keseimbangan jumlah penduduk dengan sendirinya petani sudah turut mempertahankan stabilitas ekonomi dan stabilitas nasional," ujarnya.

Dia sampaikan jika krisis pangan terjadi, maka berbagai gejolak sosial, politik terjadi dan membahayakan stabilitas nasional

Pucuk pimpinan Polsek Tapung Hilir ini merasa sangat terpanggil untuk memberikan dukungan kepada kelompok petani di wilayah kerjanya, sebagai bagian tanggungjawab terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat.

Disisi lain Rengga tidak lupa menyampaikan pesan larangan membakar hutan dan lahan demi menyelamatkan lingkungan hidup sekitar serta mengantisipasi terjadinya gangguan kesehatan.

"Membuka lahan jangan dengan cara membakar karna selain dapat merusak lingkungan dan menimbulkan penyakit Inspeksi Saluran Pernafasan (ISPA), pelakunya dikenakan sangsi pidana," terangnya.

"Kami petani sangat tersanjung dikunjungi Kapolsek, kami juga berterimakasih atas himbauan pihak kepolisian ini dan menjadi lebih bersemangat terus melanjutkan kelompok tani palawija ini," ujar Susilo.

Dia sampaikan bahwa dengan adanya himbauan tentang larangan membuka lahan dengan cara membakar menyadarkan para petani atas dampak yang ditimbulkan.

"Kunjungan bapak Kapolsek bersama jajarannya ini membuat kami semakin dekat pihak kepolisian," kata Kades Tandan Sari, Karri.
 
Saat berkunjung ke kebun warga itu, Kapolsek bersama anggotanya menikmati buah pepaya dan semangka disana sambil bincang akrab demi menjalin silaturrahmi dan menjaga kebersamaan dalam menjaga Kamtibmas di wilayah Tapung Hilir. (ty/jnn)