Foto untuk : Lokasi rumah warga kena puting beliung

65 Rumah Desa Baru Terkena Puting Beliung


Siakhulu (Jarnas) - Terdata 65 unit rumah di Desa Baru Kecamatan Siakhulu terkena angin puting beliung, pada Rabu dini hari pukul 01.00 WIB, 15 unit mengalami rusak berat dan 55 unit rusak ringan. Saat ini pihak Badan Penanggulangan Bencana sudah berada dilokasi mendirikan tenda darurat untuk menampung warga yang terkena bencana itu.

"Sejak pukul 00.00 WIB, angin kencang, petir, kilat, hujan badai diiringi listrik padam karena tiang listrik tumbang menimpa sekitar wilayah Kecamatan Siakhulu, khususnya di Desa Baru, terdata 65 unit rumah porak poranda ditiup angin puting beliung, atap-atap rumah warga berterbangan," kata Kepala Desa Baru, M. Harris kepada Tim 2 Penilai PHBS dan LBS, dr. Harya Deatzy, Irma Suryani dan Yusnida yang sedang melakukan penilaian ke Desa Buluh Cina menyempatkan singgah melihat kondisi rumah warga itu.

Haris menjelaskan bahwa kejadian yang begitu cepat itu mengakibatkan masyrakat mengalami kerugian tidak sedikit, atap rumah mereka terbang dibawa angin kencang, seisi rumah mereka porak poranda, diguyur hujan angin, karena itu kami sudah menghubungi pihak BPBD Kabupaten Kampar untuk meminta bantuan.

"Sampai saat ini kami masih gotong royong mengatasi persoalan ini, membantu masyarakat dan sampai saat ini saya belum tidur sama sekali," jelas Kades. 

Dr. Hariya Deatzy, Irma, Yusnida menyampaikan rasa prihatin terhadap Syamsir salah satu korban yang kena bencana itu, "Kami dari PKK Kabupaten Kampar turut prihatin dan semoga bapak sekeluarga diberi ketabahan juga segera mendapatkan bantuan," ujar pengurus PKK ini.

Situasi di lokasi sepanjang jalan poros Desa Baru kendaraan sedikit macet karena ramainya masyarakat melihat kejadian itu. Terlihat pihak BPBD tengah memasang tenda untuk tempat warga berteduh sementara sampai rumah mereka dapat diatapi kembali. (ty/jnn)