Foto untuk : Tim Penilai PHBS PKK Kabupaten Kampar

Warga Laboy Jaya Ngurumpi Bersama Sawit dan Sapi


Bangkinang (Jarnas) - Masyarakat Desa Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang lebih banyqk bergunjing dengan sawit dan sapi, mereka tidak ada waktu duduk-duduk di kedai-kedai membuang waktu percuma tanpa hasil apa-apa.

"Tidak ada masyarakat disini untuk bergunjing, mereka bergunjing dengan  sapi dan sawit, mereka sibuk mengurusi kebun, itu yang setiap hari dikerjakan, baik laki-laki maupun perempuan, dari 841 Kepala Keluarga umunya kerja di kebun," kata Kepala Desa Laboy Jaya, Rahmat didampingi Ketua TP PKK Desa, Roslia, Kepala Puskesmas Kecamatan Bangkinang, Dr Nengsih saat menerima Koordinator, Lilies Ekarita, anggota Tim II Penilaian PHBS dan LBS, Irma Suryani di desa itu.

Rahmat sangat senang ada penilaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Kampar, "Ini merupakan bentuk motivasi bagi masyarakat untuk membiasakan hidup bersih dan sehat, meski warga kami umumnya bekerja di kebun, namun ini justru menjadikan mereka lebih bersemangat," kata Kades.

"Perilaku hidup bersih memang harus tertanam dalam diri masyarakat, bukan saja kewajiban bagi kaum hawa, namun semua anggota keluarga sudah membiasakan diri hidup bersih, rapi sehat dalam dan luar rumah tertata dengan baik," kata Irma.

Disisi lain, Lilies Ekarita menyampaikan bahwa PKK menggiatkan Lomba Desa BerPHBS ini tidak lain untuk menanamkan kesadaran bagi masyarakat yang hidup di desa supaya selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak sekedar kalau ada lomba saja. (ty/jnn)