Foto untuk : Seluruh OPD dan Camat se Kabupaten Kampar melakukan Rakor guna menggali potensi Daerah

Tingkatkan PAD Potensi Daerah Terus Di Genjot


Bangkinang - Dalam melalukan Pembangunan suatu Daerah, tidak akan mampu rasanya jika hanya mengandalkan APBD yang ada. Untuk itu perlu adanya mengali potensi Daerah secara maksimal guna peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
 
Untuk itu Pj Bupati Kampar H Syahrial Abdi AP, M.Si melakukan rapat koordinasi bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD)serta Camat bertempat di Aula Kantor Bupati Kampar. Selasa (7/2/2017).

Dalam rapat tersebut Syahrial Abdi mengatakan, anggaran pembangunan yang akan dilaksanakan harus sesuai dengan peruntukan dan ada timbal baliknya kepada Daerah. Yakni peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)dan dapat meningkatkan ekonomi  masyarakat baik itu melalui danaAnggaran Pembangunan Belanja Daerah (APBD), Anggaran PembangunanBelanja Daerah (APBD) Provinsi serta Anggaran Pembangunan BelanjaNegara (APBN).

Seluruh OPD dan Camat harus bersinergi dalam mencari celah bagaimana Kabupaten Kampar, dapat meraih anggaran pembangunan sebanyak-banyaknya dan laksanakan sesuai dengan aturan, agar mampu meningkatkan PAD yang berdampak pada peningkatan  ekonomi masyarakat.

“Telusuri potensi yang ada, potret dan lakukan koordinasi dengan dinas atau OPD yang berkaitan dengan potensi tersebut serta cari dasar aturannya,”tegas Syahrial Abdi Dalam rapat tersebut.

PJ Bupati Kampar menanyakan satu persatu Pimpinan OPD dan Camat tentang berbagai kegiatan yang nantinya dapat dilaksanakan dengan dana APBD Provinsi dan APBN pusat sehingga Anggaran Daerah bisa efisien serta dapat dilaksanakan.

”Kita sekarang harus bekerja maksimal agar pembangunan yang kita lakukan merata, namun jika kita mengharapkan APBD Kabupaten Kampar tentu tidak akan mencukupi, inilah tujuan kita melakukan rapat koordinasi. Agar antar OPD dan Camat saling mengetahui dan mampu bekerja secara bersama-sama,”ujar Syahrial Abdi.

Hasilnya dari rapat tersebut ternyata banyak potensi daerah yang nantinya mampu meningkatkan PAD.

” Setelah kita telusuri per OPD, ternyata banyak sekali PAD yang akan kita raih dari setiap pembangunanyang kita lakukan. Dalam artian ada input dan outputnya, nah itu yang harus kita koordinasikan dan kita cari aturan. Jika tidak ada maka akan kita buat aturannya yang penting tidak berbenturan dengan aturan pusat," Pungkas Pj Bupati Kampar.(dyt/jnn)