Foto untuk : Sekdakab Kampar, Drs Ysri memberikan bantuan masjid

Sekda Ajak Kawal Dana Pembangunan


Kampar (JarNas) - Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri, M.Si mengajak seluruh elemen mengawal dana pembangunan demi lancarnya kegiatan pembangunan serta tercapainya kebutuhan masyarakat

“Mari bersama kawal dana dan pembangunan agar apa yang diharapkan dan dibutuhkan masyarakat tercapai dengan baik,” ucap sekda saat melakukan Safari Ramadhan bersama Asisten Administrasi Umum Setda Kampar Ir Hj Nurhasani MM, Staf Ahli Bupati Kampar Bidang kemasyarakatan dan SDM Ir Suhermi serta pejabat eselon II, III dan IV dilingkungan Pemkab Kampar dihadiri Camat Kuok, Darusmar dan Kades se-Kecamatan Kuok, tokoh masyarakat, tokoh agama, jemaah mesjid Raya serta masyarakat Kecamatan Kuok di Desa Kuok, Jumat (10/5).

Dia sampaikan untuk pembangunan infrastruktur, kesehatan dan pendidikan Pemda Kampar telah mengelontorkan Dana Sebesar 36 Milyar.

Sama dengan Bupati Kampar, Sekda juga menyerahkan berbagai bantuan pemda sebesar Rp.45 juta dengan rincian Rp.30 juta untuk mesjid Baitul Hamid dan Rp.15 juta untuk mesjid Nurul Huda Desa Kuok Kecamatan Kuok, Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Sejahtera dari Dinas Sosial Kampar.  Dan Diserahkan Juga Bantuan Zakat Nasional (Baznas) Kampar untuk 15 orang masyarakat miskin dan kurang mampu masing-masing mendapatkan Rp.1.5 juta serta Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Seluruh bantuan ini merupakan upaya pemda dalam melakukan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” ujarnya.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, termasuk Zul Hermis dan Adhie Agoes Sanie, orang berdiri

Tokoh masyarakat disana, H. Nurlis mengucapkan terima kasih atas semua bantuan pem dan dia juga berharap pembangunan jalan Desa Bukit Betung sepanjang 6 KM. Menurutnya bahwa desa ini bisa dimekarkan, karena jumlah penduduk desa sama dengan jumlah penduduk satu kecamatan.

Selain itu Yusri menyampaikan bahwa usulan dana telah tertampung sebesar Rp49 milyar untuk Kecamatan Siakhulu pada tahun 2019 berdasarkan Rekapan Anggaran di APBD Kampar maupun APBN.

“Usulan anggaran pada tahun 2019 untuk Kecamatan Siakhulu tercatat sebesar 49 milyar, termasuk didalam anggaran bantuan keuangan kepada 12 desa sebesar 20 milyar lebih, ditambah dari anggaran dinas-dinas lainnya. Untuk itu kepada seluruh stakholder agar menjaga dan mengawal anggaran yang diberikan pemerintah agar dipergunakan  tepat sasaran sehingga bermanfaat bagi masyarakat,” terangnya saat memberikan arahan pada Safari Ramadhan Tim II di Mesjid Jamik Desa Buluh Nipis Kecamatan Siak Hulu, Rabu (15/5).

Dia mengingatkan kepada kepala desa yang hadir agar menggunakan anggaran secara akuntabel dan transparan. “Kalau belum paham segera konsultasikan dengan dinas terkait, misalnya RAB tanyakan kepada Dinas PU, mulai diangsur melakukan pembayaran secara non tunai,”  jelasnya.

Disisi lain, sekda menghimbau kepada masyarakat dan ninik mamak agar jangan menjual tanah yang ada, tanah sangat berharga untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dimasa yang akan datang.

Sedangkan untuk pembangunan Kecamatan Kampar Kiri dipersiapkan dana sebesar Rp.56 milyar. Hal itu disampaikan sekda saat safari di Mesjid Baiturrahman Desa Sungai Geringging Kecamatan Kampar Kiri, Senin (13/5).

Gambar mungkin berisi: 8 orang, termasuk Erlinda Lubis dan Ahmad Suhaili, orang berdiriPemda Kampar telah menyiapkan  dana 56 Milyar untuk pembangunan disegala bidang kepada Kecamatan Kampar Kiri. Dana ini tidak sedikit, maka dari itu, mari bersama kawal dana pembangunan ini,” pintanya.

Sekda hadir bersama Tim II Safari Ramadhan Pemkab Kampar diantaranya Asisten Administrasi Umum Setda Kampar Ir Hj Nurhasani MM, Staf Ahli Bupati Kampar Bidang kemasyarakatan dan SDM Ir Suhermi serta pejabat eselon II, III dan IV dilingkungan Pemkab Kampar. Tampak hadir Kapolsek,  Camat Kampar Kiri Fajri Ridha dan Kades se-Kecamatan Kampar Kiri, tokoh masyarakat, tokoh agama, jemaah mesjid Baiturrahman serta masyarakat Kecamatan Kampar Kiri.

Dalam rangkaian kegiatan safarai ramadhan itu Sekda menyampaikan pesan agar masyarakat dapat mewaspadai bahaya narkoba karena sangat marak di berbagai penjuru desa.

Dia mengajak seluruh orang tua dapat mengajak anak masuk masjid sejak usia dini demi memupuk dan membentengi generasi dari hal-hal negatif lainnya.

Sekda juga berharap kepada camat agar mengupayakan setiap bulan ramadhan seperti ini, membuat sesuatunya bermanfaat, seperti perlombaan qory dan qoriah yang nantinya akan menjadi cikal bakal di Kabupaten Kampar. (poet/jnn)