Foto untuk : Kapolres Kampar, AKBP Edy Sumardy P Lakukan Gaktibplin

Satu Anggota Polisi Terindikasi Konsumsi Zat Adiktif


Bangkinang - Dalam upaya mewujudkan postur Polri yang bersih, dan disiplin.Tim Gaktibplin Biro Provos Divpropam Mabes Polri, bersama Tim Bid Propam Polda Riau melakukan kegiatan tersebut Kamis (13/10) pagi kemarin yang dipimpin Kabag Gaktibplin Div Propam Polri Kombes Pol Drs. Suherman di halaman Polres Kampar.

Informasi yang berhasil dirangkum wartawan, kegiatan tersebut diawali dengan pemeriksaan kelengkapan perorangan bagi personil Polri yang meliputi Kartu Tanda Anggota (KTA), KTP, SIM, Kartu Izin Senjata Api dan surat-surat lainnya serta kelengkapan Gampol dan kerapian anggota.

Selanjutnya dilakukan tes urine kepada seluruh personil Polres Kampar yang hadir, dimulai dari Kapolres dan Pejabat Utama serta seluruh personil Polres Kampar lainnya. Dalam kegiatan ini tidak satupun personil yang diperkenankan meninggalkan tempat sebelum kegiatan berakhir.

Dari pemeriksaan tes urine 150 personil, satu di antaranya terindikasi menggunakan atau mengkonsumsi zat aditif. Sementara dalam pemeriksaan kelengkapan perorangan, secara umum cukup baik dan tidak ditemukan pelanggaran yang bersifat fatal, hanya beberapa KTA personil yang sekaligus berfungsi sebagai ATM perlu penyesuaian data karena beberapa diantaranya ada perubahan pangkat.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata melalui Paur Humas Polres Kampar Iptu Deny, membenarkan hal tersebut kepada wartawan melalui siaran Persnya Kamis (13/10) kemarin.

" Kepada personil tersebut akan dilakukan pemeriksaan mendalam, apabila terlibat dalam penyalahgunaan narkoba maka akan dilakukan proses hukum atau pemberian sangsi melalui sidang Disiplin"Tegas Deny.

Menurutnya lagi, Gaktbplin ini sebenarnya telah dilakukan internal Polres Kampar secara berkala oleh Si Propam Polres Kampar, dan setiap pelanggaran yang ditemukan juga telah ditindaklanjuti sesuai besar kecilnya pelanggaran yang dilakukan anggota.

" Polri saat ini tengah berupaya secara sungguh-sungguh melakukan reformasi internal sebagaimana program prioritas Kapolri pada poin pertamanya, diharapkan kedepannya Polri dapat mewujudkan postur Polri yang bersih, disiplin, berprilaku baik dan dapat menjadi tauladan bagi masyarakat"Ucap Deny mengakhiri. (yat/jnn)