Foto untuk :

Rafis: Jadi Paham Kinerja Kehumasan Setda Kampar


Bangkinang Kota(Jarnas.net)- Rafis mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) menjelaskan dirinya jadi paham bagaimana kinerja kehumasan.

Hal itu disampaikannya ketika ditanyai Hubungan Masyarakat (Humas) Setda Kampar usai memberikan cendera mata yang diterima langsung Kepala Bagian Humas Sabaruddin didampingi Kepala Sub Bagian Pengumpulan dan pengolahan data dan informasi Jon Afrizal saat hari terkahir dirinya magang di Humas,selasa (1/3).

Rafis mengatakan selama satu setengah bulan magang di humas mulai 18 januari hingga 26 Februari 2016, banyak ilmu saya peroleh, seperti soal mengarsipkan surat, baik surat-surat masuk maupun balasan surat masuk atau surat keluar ke instansi atau Dinas lain.

Selain itu berkenaan dengan Bagian Publikasi dan Dokumentasi Humas, mulai foto dokumentasi kegiatan Pemda maupun video syuting ketika acara liputan yang dilakukan oleh karyawan Publikasi dan Dokumentasi.

Termasuk kerjaan setelah meliput membuat release untuk di kirim ke rekan wartawan media maupun elektronik, selaku mitra kehumasan agar dapat terbit di surat kabar dan radio, dirinya jadi mengerti termasuk soal video syuting dokumentasi yang dapat dijadikan tayangan berupa “youtube” dengan durasi singkat di media “on line” maupun untuk televisi.

Begitu juga di sub bagian hubungan media dan pers, ujar Rafis yaitu menyangkut kerja sama kehumasan dengan media cetak baik surat kabar, media on line, radio dan televise swasta.

Ditambahkan Rafis mahasiswa semester lima jurusan Administrasi Negara, asal Desa Pulau payung Dusun 2 salok Kecamatan Rumbio jaya, yang magang ada sebanyak enam orang dari mahasiswa UIN Suska kebetulan saya ditempatkan di bagian humas, ada juga yang di bagian ortal, perlengkapan, protokol, Kesra, ekonomi. 

Tak lupa Rafis mengucapkan terima kasihnya kepada kepala Bagian Humas beserta para Kasubag dan semua karyawan atas bimbingan dan masukan ilmu selama magang di humas karena dengan bekal ilmu tersebut, setelah kembali ke kampus selain aktifitas biasa ilmu yang di dapat dari humas sangat membantu dalam KKN nanti, ucapnya  (alan/jnn)