Foto untuk : Delegasi PWI Riau Hadiri HPN Di Banjarmasin

PWI Kampar Hadiri HPN Di Banjarmasin


BANJARMASIN (JarNas)- Sejumlah pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 7-9 Februari 2020.

Rombongan PWI Kabupaten Kampar berjumlah 11 orang dan dipimpin Ketua PWI Kabupaten Kampar Akhir Yani. Turut ikut dalam rombongan Dewan Penasehat PWI Kampar Aprizal, Netty Mindrayani, Wakil Ketua Bidang Organisasi H Herman Jhoni, Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan H Khairudin Domo, Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Latihan Adi Jondri Putra, Wakil Bendahara Ari Amrizal, anggota Hendri Yanto, Syawal dan pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kabupaten Kampar Hj Nursiah.

Secara keseluruhan, sebanyak 70 pengurus dan anggota PWI se-Riau ikut meramaikan Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin. Terbanyak berasal dari pengurus PWI Riau 20 orang dan PWI Kampar sebanyak 11 orang.

Ketua PWI Kampar Akhir Yani menyebutkan, HPN 2020 juga sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PWI ke-74. 

Di HPN Banjarmasin, PWI Kampar menghadiri banyak rangkaian acara seperti penanaman pohon khas daerah "Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia" bersama Presiden Joko Widodo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. 

Selain itu, PWI Kampar juga menghadiri Konvensi Nasional Media Massa, seminar forum investasi, lomba presenter TV dan persentase, pameran pers, seminar program wartawan spesialis, seminar media berkualitas untuk pemilu damai, dialog anugerah kebudayaan, gala dinner dengan calon tuan rumah HPN 2021 yakni dengan Pemprov Sulawesi Tenggara, dialog anugerah Adi Negoro dan peringatan puncak HPN 2020 yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo di halaman kantor Gubernur Kalimantan Selatan yang diselenggarakan sehari lebih awal yakni tanggal 8 Februari 2020 dan pada hari terakhir, Ahad (9/2/2020) mengikuti penyerahan Press Card Number One (PCNO).

Puncak peringatan HPN 2020 tahun ini dimajukan satu hari karena Presiden Jokowi akan berangkat kunjungan kerja ke Australia.

Presiden RI Jokowi dalam sambutannya pada peringatan HPN 2020 di halaman kantor Gubernur Kalsel menyampaikan bagaimana pentingnya ia hadir diacara HPN. 

"Ke mana pun saya pergi yang selalu ikut bersama saya adalah para wartawan. Menteri kadang-kadang tidak ikut, tetapi wartawan pasti ikut. Hubungan saya dengan pers ini jadinya bukan benci tapi rindu, tetapi selalu di hati dan selalu rindu hehe," ujar Jokowi.

"Karena itulah, saya merasa penting untuk hadir pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020 yang digelar di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, hari ini. Insan pers adalah teman saya sehari-hari," ulasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh menegaskan bahwa HPN dalam rangka menyambung silaturahmi antara insan pers se-Indonesia. 

Ia juga menegaskan, wartawan harus melakukan kritik sosial tetapi disampaikan dengan data dan bahasa yang santun.(nett mindrayani)