Foto untuk : foto bersama PWI Kampar masa bakti 2017-2020 ketika menggelar rapat kerja perdana di Black And White Cafe Bangkinang

PWI Kampar Gelar Raker Program yang Akan Dilaksanakan


Bangkinang (JarNas) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar masa bakti 2017-2020 menggelar rapat kerja perdana di Black AndWhite Cafe, di Jalan Sudirman, Bangkinang, Sabtu (10/11/2018). Beberapa program dirumuskan pada masa kepengurusan PWI Kampar yang dipimpin Akhir Yani,SE.

 

Raker ini dihadiri sejumlah penasehatdiantaranyaAprizal,SE dan Netty Mindrayani, S.Sos. Selain itu hadir Sekretaris PWI Kampar DR (Cd) Molly Wahyuni,SSi,MSi, Bendahara Dedi Irawan,S.Sos dan anggota.

 

Dalam raker ini empat bidang termasuk sekretariat menyampaikan sejumlah usulan program. Penyampaian hasil rapat bidang organisasi disampaikan langsung Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Kabupaten Kampar Herman Jhoni,S.Sos,MSi. Bidang ini memandang perlu melaksanakan verifikasi keanggotaan PWI Kampar, rekrutmen anggota baru dan menargetkan seluruh anggota PWI Kampar sudah lulus uji kompetensi wartawan (UKW).

 

Bidang Pendidikan dan Latihan yang diwakili Hendri Kampay menyampaikan program roadshow ke kecamatan dan desa dalam rangka mensosialisasikan bagaimana peran pers, PWI, kode etik jurnalistik dan bagaimana sebenarnya wartawan di PWI bekerja.

 

Bidang Pembelaan Wartawan diwakili Ari Amrizal, S.Ikom menyampaikan perlunya pembuatan MoU dengan sejumlah pihak dalam rangka melakukan pembelaan terhadap wartawan seperti MoU dengan pihak kepolisian, kejaksaan dan lembaga bantuan hukum.

 

Bidang Kesejahteraan Sosial yang diwakili Andesmen Putra menyampaikan program pemberian tunjangan hari raya bagi anggota PWI Kampar, buka puasa dengan anak yatim dan penyerahan santunan, pembangunan kebun PWI maupun mengagendakan keikutsertaan PWI Kampar dalam Hari Pers Nasional 2019 maupun Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) tahun 2019.

 

Ketua PWI Kabupaten Kampar Akhir Yani,SE dalam kesempatan ini menyampaikan kondisi terkini PWI Kabupaten Kampar seperti jumlah anggota PWI Kampar hingga saat ini yang berjumlah sebanyak 35 orang lebih. Dari jumlah tersebut sebanyak 24 orang tercatat kartu anggotanya masih aktif termasuk wartawan muda sebanyak enam orang dan 4 orang kartu anggotanya telah mati. Sementara ada beberapa calon anggota PWI yang bersiap mengikuti tes calon anggota PWI yang baru.

 

Diantara yang pernah tercatat sebagai anggota PWI Kampar saat ini ada yang berkarier di pemerintahan dan disejumlah lembaga termasuk di Bawaslu Riau, KPI Riau dan Bawaslu Kabupaten Kampar.

 

Lebih lanjut Akhir Yani mengajak seluruh anggota PWI Kampar bekerja secara profesional, aktif dalam kegiatan peliputan dan menunjukkan diri bahwa wartawan yang bergabung di PWI benar-benar menjalankan tugas sesuai Undang-undang Pokok Pers Nomor 40 tahun 1999 dan sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik serta taat kepada Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga PWI.

 

Disela-sela pelaksanaan Raker, pengurus juga mendapatkan beberapa nasehat dan masukan dari Penasehat PWI Kampar Aprizal dan Netty Mindrayani yang menginginkan pengurus PWI Kampar agar lebih baik lagi dari pengurus sebelumnya.(ty/jnn)