Foto untuk :

Polres Luncurkan Program Kampar TAAT


Bangkinang (Jarnas) - Polisi Resort (Polres) Kampar meluncurkan program unggulan menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat. Kampar TAAT saat ini tengah digiatkan mulai dini hari, siang dan malam.

"Kampar TAAT singkatan dari, Tertib, Aman, Agamis dan Terkendali yang sudah dimulai sejak bulan ramadhan lalu, tepatnya awal Juni (saat Edy Sumardi P menjabat Kapolres Kampar) dikemas dan diinovasi dalam Program Religi Ramadhan," kata Paur Humas Polres, Iptu Dheni Yusra.

Selama pelaksanaannya dibulan Ramadhan lalu, program inovasi  ini mendapatkan apresiasi dari berbagai elemen masyarakat, selain itu pergelaran anggota secara maksimal dilapangan telah memberi kontribusi bagi terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Kampar.

Dia katakan, ini digiatkan secara rutin dalam rangka menyukseskan program prioritas Kapolri tentang penguatan pemeliharaan Kamtibmas, Polres dan Polsek Jajarannya melakukan upaya-upaya preventif dengan pergelaran anggota dilapangan mulai pagi hari, siang, malam hingga dinihari diperkuat pula dengan program perioritas Kapolri.

Seluruh personil Perwira dan bintara dan Polsek dilibatkan didalamnya termasuk Kapolres, Para Kabag dan para Polwan.

Dilapangan terlihat perbedaan signifikan tentang kehadiran Polri ditengah masyarakat sesuai moto yang dicanangkan Kepolisian "Polisi ada dimana-mana dan Dimana-mana ada Polisi".

Dheni menguraikan bahwa Program Kampar TAAT itu, pertama Program POLISI SEHAT, (Polisi Selalu Hadir di Masyarakat). Dimulai sejak pagi hari, para personil melakukan penjagaan dan pengaturan lalulintas di jalan raya yang rawan kecelakaan dan rawan macet, karena aktifitas para pelajar berangkat sekolah dan masyarakat lainnya saat menuju kantor dan pasar-pasar tradisional.

Kegiatan berlanjut oleh fungsi opsnal dari Satuan Sabhara, Lalulintas dan Binmas untuk melakukan patroli dialogis ke pusat-pusat keramaian seperti pasar, terminal, sekolah, Bank dan kantor-kantor pelayanan publik serta objek vital untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Menjelang siang dan sore hari, Satuan Lalulintas dan Sabhara kembali melakukan strong point dijalanan yang kembali ramai saat pelajar dan pegawai hendak kembali ke rumah.

Pada malam hari kegiatan dimulai saat pelaksanaan shalat maghrib hingga shalat isya dengan melakukan patroli kelokasi masjid-masjid yang ramai untuk antisipasi tindak pidana curanmor serta gangguan kamtibmas lainnya.

Kedua, Program PDH (Patroli Dini Hari) dengan pergelaran personil pada malam hingga dini hari dilanjutkan oleh anggota piket dari seluruh Satuan Fungsi yang dikoordinir Ka SPKT untuk melakukan patroli keberbagai sasaran termasuk pemukiman warga, Pos Ronda, serta melakukan operasi cipta kondisi pada tempat-tempat tertentu untuk antisipasi tindak pidana 3C (Curat, Curas dan Curanmor).

Ketiga, Program PSM (Patroli Subuh Mesjid), dengan melakukan kegiatan Patroli yang bersifat keagaman yaitu dengan melaksanakan Patroli ke Masjid-masjid disaat menjelang Sholat subuh, sekaligus ikut melaksanakan ibadah dan bersilaturahmi dengan para jamaah.

Kapolres Kampar, AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa semua kerja keras aparat Kepolisian ini, memberikan makna bahwa Polri adalah Sosok Perwakilan Negara ditengah-tengah masyarakat, sosok pelayan, pelindung, pengayom dan penolong serta penjaga kehidupan masyarakat dan demi memberikan rasa aman dan nyaman guna mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif.

"Semoga tugas dan kewajiban yang kami lakukan menjadi ladang amal ibadah bagi kami sebagai Hamba-hamba Allah SWT," ujar Kapolres. (ty/jnn)