Foto untuk : Koordinator Pokja III TP PKK Kabupaten Kampar, Hj Mulyeti Anizur saat membuka rangkaian lomba sambut Hari Kartini di Balai Bupati Kampar, Senin (18/4)

PKK Laksanakan Serangkaian Lomba Peringatan Hari Kartini


Bangkinang Kota - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kampar, Hj Eva Yuliana, SE menggelar serangkaian lomba dalam menyambut Hari Kartini tahun 2016 selama dua hari sampai 19/4 di Balai Bupati.

"Tahun 2016 ini PKK Kabupaten Kampar melaksanakan empat lomba yakni kebaya, membaca puisi, pidato dan memasak," kata Koordinator Pokja III, Hj Mulyeti Anizur saat membuka lomba itu mewakili Ketua PKK.

Dikatakan Mulyeti, seiring perkembangan zaman, bagaimana kaum perempuan lebih maju dan berkembang mengisi pembangunan untuk mencapai kemajuan zaman sejalan dengan tema peringatan Hari Kartini kali ini "Dengan semangat juang Kartini kita tingkatkan sumber daya perempuan intuk mengisi pembangunan melalui lima pilar pembangunan dan RUMAH TANGGA MANDIRI PANGAN DAN ENERGI (RTMPE) di Kabupaten Kampar".

Mulyeti menyampaikan bahwa saat ini kaum perempuan harus berani tampil, maju kedepan, tidak malu dan takut untuk berpartisipasi mengisi pembangunan, "Banyak kaum perempuan yang sudah sukses pada bidang legislatif, eksekutif dan di sektor lainnya, ada yang jadi gubernur, bupati bahkan kepala desa," kata dia.

Ketua Panitia, Haswinda menyampaikan bahwa serangkaian kegiatan lomba dilaksanakan untuk menyegarkan kembali ingatan akan arti pentingnya perjuangan dari kebangkitan kaum perempuan sebagai bagian tidak terpisahkan dari perjungan RA Kartini.

Kemudian untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan agar mampu menyelaraskan diri dalam tuntunan melaksanakan peran kehidupan sehari-hari baik lingkungan keluarga, organisasi wanita maupun masyarakat serta meningkatkan harkat dan martabat wanita di Kabupaten Kampar menuju kesetaraan gender.

Dijelaskan Winda, bahwa lomba kebaya dan membaca puisi, berpidati Hari Kartini dilaksanakan pada 18/4. Lomba masak pada 19/4.

PKK menghadirkan Tim Juri dari Bhayangkari, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tenaga Cheff Hotel Tiga Dara Kubang Jaya, Rumah Mode Santi Dewi Bangkinang Kota.

Lomba itu diikuti Ketua TP PKK Desa yang ditunjuk mewakili PKK Kecamatan, Ketua dan pengurus TP PKK Kabupaten Kampar, Organisasi wanita sekabupaten Kampar.

"Dengan macam-macam lomba ini diharapkan perempuan mampu meningkatkan sumber daya untuk mengisi pembangunan sesuai dengan makna perjuangan pahlawan Wanita Indonesia, Kartini," ujar Winda. (NTY)