Foto untuk :

PKK Kampar dan Dinkes Nilai Delapan Desa Ber-PHBS


Bangkinang Kota (Jarnas) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar hingga harinini sudah menilai delapan kecamatan untuk masing-masing desa berprilaku Hidul Beraih dan Sehat (PHBS)

"Hari ini PKK bersama Dinas Kesehatan turun meninjau tiga kecamatan, Desa Naumbai Kecamatan Kampar, Desa Salo Kecamatana Salo dan Desa Ridan Permai Kecamatan Bangkinang Kota," kata Lilies Ekarita Haris selaku Ketua Tim I Penilaian PHBSS dan LBS ini didampingi anggota Pokja 4, Dr Siti Valiani, Sekretaris PKK, Topan Ramsilas, dan Dinas Kesehatan Bidang Promosi Kesehatan Keluarga, Mega Safrina, SKM

Dijelaskan Lilies, bahwa Penilaian PHBS ini merupakan lanjutan dari tinjauan ke 13 Koto Kampar, Kuok, Tapung Hulu, Tapung, Tapung Hilir yang dibagi dua tim dari sekabupaten Kampar," .

Dia katakan, bahwa ini kesadaran masyarakat terhadap Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini sudah dikategorikan baik namun untuk meningkatkan lebih baik perlu pembinaan yang lebih intensif kepada masyarakat.

"Dari tiga kecamatan yang dikunjungi hari ini, sudah mendekati kesempurnaan namun masih sangat dibutuhkan pembinaan-pembinaan dari Kabupaten," ujar Dr Yani menambahkan.

Dilanjutkan Yani, salah satu kesadaran yang masih sulit dihilangkan adalah perilaku tidak merokok di dalam rumah.

Saat penilaian dilakukan, beberapa petugas yangbada di deaa itu masih ada yang belum siap, bahkan baru memasang stiker Rumah Ini Bebas Asap Rokok. Kemudian di Desa Ridan sudah ada Pondok Merokok, beberapa rumah sueah ada pondok merokok.

Saat di desa Ridan Permai, Kades ,Sularno, dan  Lindawati, menyebutkan bahwa mereka sudah membiasakan masyarakat untuk tidak merokok di dalam rumah, kata Kades. (ty/jnn)