Foto untuk :

Pintu Waduk PLTA Dibuka Lagi


Bangkinang-Tingginya curah hujan selama satu minggu ini mengakibatkan genangan waduk PLTA melebihi kapasitas sehingga pintu waduk harus di buka 1 meter sejak pukul 09.30 WIB, Senen (8/2/2016).

Informasi yang disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kampar, Santoso via selulernya menyampaikan bahwa pintu waduk PLTA Koto Panjang harus dibuka mengingat daya tampung waduk sudah melebihi kapasitas.

"Akibat curah hujan tinggi mengakibatkan hulu sungai dari Sumatera Barat dan Koto Kampar juga terkena banjir sehinnga genangan air di waduk PLTA berlebih di wilayah Pangkalan Sumbar kendaraan yang akan menuju Sumbar dan Riau lumpuh total tidak bisa melewati jalur tersebut karena terendam banjir," kata dia.

Dia jelaskan, bahwa pihaknya sudah menginformasikan keseluruh camat yang wilayahnya di sepanjang aliran sungai Kampar supaya waspada kemungkinan wailayahnya terkena banjir.

Mantan Kepala Bagian Perlengkapan Pemdakab Kampar ini menghimbau kepada masyarakat supaya hati-hati dan waspada dengan kondisi seperti ini, baik terhadap keselamatan jiwa raga maupun harta benda serta usaha masyarakat yang berhubungan langsung dengan sungai Kampar.

Pantauan di lapangan, sepanjang jalan terutama di daerah Payakumbuh sampai di Pangkalan, sejak tadi malam pukul 22.00 WIB disepanjang jalan itu air turunan dari bukit-bukit menggenang di jalanan sehingga perjalanan masyarakat terganggu, ditambah hujan badai mengakibatkan tiang listrik tumbang dan patah kabel-kabel berserakan dijalanan.

Petugas kepolisian mengamankan jalur lintas Sumbar Riau itu ditengah derasnya turun hujan (smi/jnn)