Foto untuk : Kakankemenag zkampar, H Fairuz

Manasik Haji Kampar Dilaksanakan 2 Agustus


Kampar  – Manasik Jema’ah Calon Haji (JCH) tingkat Kabupaten Kampar tahun 2016, akan dilaksanakan selama dua hari mulai Selasa (2/8) di komplek markaz Islamik Center 

"Seluruh JCH dibagi dua bagian, pertama paket umroh pada Selasa (2/8) Miqatnya di Masjid Al Ihsan, Bir Ali sebagai Miqat Makaninya, jemaah memakai pakaian ihram, sholat sunat ihram dan niat umroh. Kemudian dilakukan evaluasi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kampar, Drs H Fairus MA," kata Fairuz didampingi Kai Penyelenggara Haji dan Umrah H Dirhamsyah MSy.

Selanjutnya JCH kembali ke Masjid Al-Ihsan Markaz Islamic Centre Bangkinang untuk istirahat, sholat, makan (Isoma), dilanjutkan dengan pengarahan sekaligus informasi-informasi terbaru oleh Kepala Bidang (Kabid) Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Drs H M Aziz MA MM.

Skenario manasik haji bagian kedua (Paket Haji) lanjut Fairuz, diadakan pada Rabu (3/8),  seluruh JCH berkumpul di Gedung Mahligai Bungsu sebagai Miqat Zamani, pada tanggal 08 Zulhijjah hari Tarwiyah dalam persiapan menuju lapangan arafah dengan pakaian ihram dan membaca talbiyah yang dipandu oleh ketua regu (Karu) dan ketua rombongan (Karom) untuk melaksanakan wukuf dengan kegiatan-kegitan yang telah ditentukan.

Dia menjelaskan, setelah melaksanakan seluruh rentetan kegiatan manasik, seluruh JCH kembali ke Masjid Al-Ihsan Markaz Islamic Centre Bangkinang untuk istirahat, Isoma dan diadakan evaluasi oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kampar Abuya Dr H Mawardi Muhammad Sholeh Lc MA dan  dilanjutkan dengan penutupan manasik haji serta melepas JCH Kampar secara resmi Bupati Kampar, Jefry Noer. (ty/jnn)