Foto untuk : Sekdakab Kampar, Yusri Serahkan Medali Emas Kepada Lifter Bengkalis

Lifter Bengkalis dan Siak Borong 10 Emas


Bangkinang Kota (JarNas) - Lifter Bengkalis dan Siak berhasil memboyong 10 medali emas pada akhir pertandingan Cabang Olahraga Angkat Berat Pekan Olahraga Porprov Riau yang diselenggarakan selama dua hari sejak Rabu (1/11) di GOR SMPN 1 Bangkinang Kota.

Lifter Bengkalis dan Siak memperoleh jumlah medali yang sama, masing-masing 8 medali, 5 emas dan 3 perak, berada diurutan dibawahnya Lifter Meranti dengan perolehan 4 emas dan 4 perunggu, Rokanhulu 2 emas, Kampar hanya dapat 1 emas dan 5 perak.

Sedangkan Indragiri Hilir perolehan 8 medali, 1 emas, 4 perak, 3 perunggu. Pekanbaru harus dengan perolehan tanpa emas, hanya 2 perak dan 2 perunggu, Kuansing hanya 4 perunggu sementara PABBSI Riau mendapatkan 2 perunggu. Total seluruh medali yang diperoleh 9 kabupaten/kota itu sebanyak 54 medali. 10 medali emas itu diperoleh pada angkat berat putra dan putri yang diselenggarakan selama dua hari, sejak Rabu (1/11 hingga Kamis, 2/11).

Pada hari terakhir, Kamis (2/11), pertandingan angkat berat putra kelas 74 kg yang meraih emas ditorehkan oleh lifter Bengkalis, Andre Satria yang berberat badan 69,66 kg dengan sub total jenis angkatan 380 kg dari squat terbaik 240 kg dan benchpress140 kg sehingga meraih juara pertama. Ditambah poin dari jenis angkatan deadlift seberat230 kg, total angkatan seluruhnya 610 kg, maka dia muncul menjadi juara I.

Menyusul setelahnya Lifter Siak atas nama Febriko berberat badan 73,05 kg mengumpulkan poin pada kelas 74 kg ini dengan sub total 320 kg dari jenis angkatan squat 200 kg dan benchpress seberat 120 muncul sebagai juara kedua, ditambah point dari jenis angkatan deadlift 220 kg sehingga total angkatan seberat 540 kg.

Posisi ketiga diraih lifter Indragiri Hilir, atas nama Akmal berberat badan 72,74 kg mengumpulkan point sub total 290 kg dari jenis angkatan squat 190 dan benchpress 100, ditambah poidt jenis angkatan dedlift 190 kg. Akmal sempat gagal pada angkatan 220 kg, 230 kg squat dan gagal pada benchpress berat barbel 110 kg juga gagal pada angkatan deadlift berat 205 kg.

Untuk kelas 83 kg, dimenangkan Lifter Meranti, Willy Sandria berberat badan 74,05 juara pertama dengan sub total angkatan 490 kg dari jenis angkatan terbaik squat 300 kg dan 190 benchpress. Ditambah point dari jenis angkatan deadlift 280 kg, sehingga total angkatan seluruhnya 770 kg, diposisi kedua lifter Kampar, Hendri berberat badan 82,36 kg ini mampu mengumpulkan kekuatan total keseluruhan angkatan 670 kg dari angkatan terbaik dari jenis angkatan squat 260 kg, benchpress 150 kg sub total 410 kg, pada angkatan deadlift memperoleh 260 kg.

Urutan ketiga diraih lifter Dumai, Aidil Lukman berberat badan 80,77 kg, mengumpulkan total angkatan 560 kg, diperoleh dari point angkatan terbaik squat 220 kg, benchpress 120 kg sub total 340 kg dan angka terbaik deadlift 220 kg.

Kelas 93+kg atlet putra, Lifter Inhil, Sigit P berbera badan 83,20 kg ini memperoleh total angkatan terbaik 720 kg sebagai juara I, namun pada jenis angkatan squat dan benchpress berada pada posisi kedua dengan sub total angkatan 450 kg, sedangkan posisi pertama pada jenis angkatan squat dan benchpress diraih Lifter Kampar, Ansyari berberat badan 106,06 kg dengan sub total angkatan 475 kg, posisi ketiga diraih Lifter Pekanbaru, Satdul Sidabutar berberat badan 85,90 kg dengan sub total angkatan 290 kg.

Dari ketiga lifter ini, bersaing pada total angkatan terbaik dari jenis angkatan squat, benchpress dan deadlift, total angkatan Sigit P seberat 720 kg, Anysari 715 kg dan Satdul Sidabutar 510 kg.

Hadir dalam acara penutupan dan penyerahan medali, Ketua PABBSI Kabupaten Kampar, Yusri bersama Ketua PABBSI Riau, Drs H Sanusi Anwar, M.Pd, Ketua KONI Riau, Emrizal Fakis, Ketua KONI Meranti, Ketua KONI Harian Meranti, Idris SKM dan sejumlah kepala dinas Kabupaten Kampar.

Yusri yang juga Sekdakab Kampar ini mengucapkan terimakasih kepada para atlet sudah bertanding dalam cabang olahraga pada Pekan Olahraga Provinsi Riau IX tahun 2017 ini.

"Saya ucapkan terimaksih serta sampaikan atensi atas prestasi kepada para atlet yang sudah bertanding dan menyukseskan Porprov IX ini terutama atlet Kabupaten Kampar telah mengharumkan nama daerah," kata Yusri saat menutup kegiatan pertandingan angkat berat, Kamis (2/11) di GOR SMPN 1 Bangkinang Kota.

Dia juga mengucapkan selamat kepada seluruh atlet yang sudah dapat medali emas, perak dan perunggu dan kepada yang belum dapat meraih prestasi di masa yang akan datang dapat meraih prestasi juara.

Yusri yang kesehariannya adalah Sekdakab Kampar ini tidak lupa menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh tamu, jika dalam pelaksanaan ada kekurangan, "Jadikan kelemahan itu sebagai kelebihan kita semua, untuk perbaikan di masa mendatang," kata dia.

Dia katakan, bahwa olahraga bukan sekedar pertandingan, namun itu menjadi ajang perebutan tingkat juga sebagai wadah bersilaturrahmi, melalui event seperti ini dapat menambah persaudaraan bagi kita semua.

Sementara itu, Ketua PABBSI Riau, Sanusi Anwar mengatakan dengan layanan ini membuka mata bagi kabupaten kota lain dalam pelaksanaan kedepan untuk peningkatannya, "Cabor ini tetap dilaksanakan setiap tahun, semoga dapat menjadi pedoman dalam meningkatkan mengikuti ajang nasional nantinya," ujarnya.

Ketua KONI Riau, Emrizal Fakis yang juga hadir dalam acara itu menyampaikan ucapan terimakasih terhadap tuan rumah yang telah memberikan layanan terbaik bagi semuanya.

Dia berharap, trend keberhasilan untuk membangkitkan kegiatan cabor PABBSU di tahun depan agar lebih baik dan berprestasi baik even Porprov maupun nasional seperti PON. (Netty)