Foto untuk :

Kwarnas Kunjungi Gudep SMPN 2 Bangkinang kota


BangkinangKota(Jarnas) - Sederet prestasi yang ditorehkan Gugus Depan (Gudep)  Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Bangkinang Kota menarik perhatian Kwartir Nasional (Kwarnas) sehingga mereka mengunjungi sekolah itu untuk memonitor langsung perkembangannya pada Rabu (16/12).

"Alhamdulillah SMP Negeri 2 mendapat kunjungan dari Kwarnas dan Kwartir Daerah 04 Provinsi Riau, mereka datang untuk memonitoring Pengolahaan dan Keaktifan Gugus Depan (Gudep) selama ini," kata Kepala SMPN 2, Desnawita,S.Pd.

Mereka yang datang itu adalah Staf Organikum Kwartir Nasional, Kak Teguh ditemani Kapusdiklatda, Mardjono.

Dijelaskan Desnawita yang juga Wakil Ketua Bina Wasa, Kwartir Cabang 03 Kabupaten Kampar ini bahwa diantara prestasi yang pernah diraih SMPN 2 dalam setahun belakangan ini saja pernah mengirim peserta Jambore Dunia ke Jepang bulan Agustus 2015 yakni Rizky mewakili Indonesia.

Kemudian enam orang Pramuka Garuda lulus dan mendapat pernghargaan di Kwarcab Kampar yang diterima pada Perayaan HUT Pramuka 14 Agustus 2015, pernah menjadi juara Pertama Perkemahan Lima Pilar yang digelar Kwarcan Kampar.

Selain itu, lima orang siswa Gudep SMPN 2 lulus  seleksi untuk mengikuti Jambore Cabang, masing-masing, Anisa Febriani, Salsabila Cantika Mastur, Nadia Salsabila, Salsabila Resty Marlina.

Satu peserta, Dian Nurmala Lolos seleksi mengikuti Kemah Budaya Nasional (KBN) di Kabupaten Siak. Selanjutnya Giat mengirim pembina untuk mengikuti Kursus Mahir Dasar dan Mahir Lanjutan baik di tingkat kwarcab, mapun kwarda dan nasional.

Ditambah lagi, SMPN 2 mengirim pembina, Darmatiyas, Fatma Dewi, Efi Endang, Agus supriadi, Baharuddin, Arman, Dede Ronald, Noval, Hafizah.

Prestasi lain, lanjut Desnawita yang juga Kamabigus adalah pembina yang sudah mempunyai sertifikat pelatih tingkat lanjut dan sekolah itu memiliki guru yang menjabat sebagai Kapusdiklatcab Kampar, Nasrul (Guru IPA) dan Rosmita,S.Pd (Wakil Kepala Sekolah SMPN2) juga andalan di Kwarcab 03 Kampar.

Dalam kunjungan itu, Staf Organikum, Kwarnas, Kak Teguh menyampaikan, "Gugus Depan SMPN 2 ini bagus sekali, pramuka sangat menguasai 3K (kebersihan, keterampilan, kebersamaan) terjaga dan sangat kuat," ujarnya.

Dia berharap, mempertahankan dan meningkatkan lagi kualitas supaya lebih meningkatkan kegiatan bukan hanya di gugus depan, bisa melebihi hingga kegiatan nasional.

Dia berpesan agar kedepan bisa membesarkan Sanggar yang dikelola oleh siswa, supaya siswa dapat ditanamkan kepercayaan dan bisa lebih leluasa untuk menguasai bagaimna kegiatan-kegiatan pramuka baik itu di GUDEP maupun tingkat nasional nantinya.(ty/jnn)