Foto untuk :

Khairuddin Daftar ke KPU Tanpa Kehadiran Ardo


Bangkinang Kota (Jarnas) - H Khairuddin Siregar Pasangan Bakal Calon Bupati Kampar,Rahmat Jevary Juniardo menyerahkan berkas pendaftaran kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kampar, Yatarullah di Aula Kantor KPU, pada hari terakhir, Kamis (23/9).

"Saat ini kami mengantarkan berkas untuk syarat pendaftaran sebagaiCalon Bupati dan Wakil Bupati, tanpa kehadiran Balonbup, Ardo tidak dapat hadir, karena masih di tanah suci menunaikan ibadah haji, namun ketahuilah meski beliau tidak ada disini, jiwa dan raganya tetap bersama-sama kita, demi Kampar yang sejahtera," kata Khairuddin saat diberi kesempatan menyampaikan sekapur sirih di hadapan Komisioner KPU, Panwas, Martunus dan Zainul serta seluruh pendukung pasangan ini.

Seperti pasangan Balonbup lainnya, Ketua KPU Kampar, Yatarullah menyambut kedatangan Khairuddin dengan prosesi penyambutan dengan tari pencak silat dan pengalungan bunga terhadap Khairuddin yang didampingi istrinya itu.

Khairuddin menyerahkan berkas pendaftaran dan KPU mengecek satu persatu syarat dukungan pasangan yang maju dari jalur perseorangan ini. Tidak memakan waktu lama, seperti Pasbalonbup lainnya hingga waktu isya, pengecekan sudah dituntaskan tepat pada waktunya pukul 16.00 WIB. 

"Berkas Pasangan Bakal Calon Bupati, Ardo-Khairuddin kami nyatakan lengkap dan tidak perlu perbaikan lagi," kata Yatarullah usai melakukan pengecekan berkas bersama komisioner KPU lainnya.

Dia menjelaskan bahwa dalam peraturan PKPU No 9 Tahun 2016, telah dijelaskan bahwa jika psangan balonbup tidak dapat hadir saat mendaftarkan dapat dterima dengan disertai keterangan resmi dari lembaga bersangkutan.

"Kementerian Agama Kabupaten Kampar sudah memberikan surat keterangan atas ketidakhadiran Balonbup, Ardo, dan itu sudah dilihat dan dibuktikan oleh Ketua Panwas Kampar, Martunus, maka berkas kami terima,"terang Yatarullah.

Pendaftaran Paslon ini diantar oleh ribuan massa yang bergerak dari jalan Prof M Yamin SH, meski Balonbup tidak hadir, terlihat kesetiaan para pendukungnya begitu kompak, mengantarkan jagoan mereka bahkan ibunda Ardo, Hj Eva Yuliana turut mengantarkan sampai ke KPU serta menyampaikan yel-yel politik dukungan untuk Ardo.

Disela itu, Ketua Panwas Kampar, Martunus mengingatkan pendukung Paslon ini, yang konon menurutnya ada mobilisasi kepala desa, ini sudah sangat santer terdengar dan sampai ke Panwas, "Saya minta jika ada Kades dalam ruangan ini, saya mohon kiranya dapat meninggalkan ruangan, sebab ini bukan ranah kades, sebab Panwas lebih mencegah dan mengingatkan." ujarnya.

Selepas itu, dua orang kemudian keluar ruangan, dan pengecekan berkas dilanjutkan oleh KPU, hingga akhirnya dinyatakan lengkap dan diterima tanpa perbaikan. (ty/jnn)