Foto untuk : Sekretaris P2TP2A Kabupaten Kampar, Haris Tohar,SH bersama anak-anak Kabupaten Kampar

Ketua YLBHR Selamatkan Anak Terlantar


Bangkinang Kota (jaringnasional.net)- Ketua Yayasan Lingkungan dan Bantuan Hukum Rakyat (YLBHR) Riau Dimpos TB menyelamatkan anak terlantar, Sari berumur 14 yang diturunkan dari Mini Bus Superband jurusan Rohul Pekanbaru pada Minggu sore (3/1/2016).

Dimpos mengatakan bahwa Sari ditemui di pinggir jalan Bangkinang Pekanbaru tepatnya di Desa Sawah Baru Kecamatan Kampar Timur, tidak jauh dari SPBU Kampar.

"Anak ini saya jumpai dalam keadaan kumal dan lesu, kondisinya sangat memprihatinkan, seperti mengalami tekanan mental," kata dia.

Khawatir melihat kondisi gadis belia itu dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab,maka Dimpos membawa anak tersebut kr rumahnya kemudian dilaporkan ke Kepala Desa Sawah Baru.

"Setelah saya bawa kerumah dan saya suruh membersihkan badannya dan makan kemudian mencoba menanyainya tentang apa yang sudah terjadi dan dialaminya," ujarnya.

Menurut pengakuan gadis malang ini, dia dibawa tetangganya dari Jawa Timur menetap di Desa Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rohun dan selama menetap di sana sering mendapat kekerasan dari orang tempat dia menetap.

Yang lebih menyedihkan lagi kata Dimpos anak ini diperkosa oleh empat orang pria yang menemuinya di salah satu tempat. Kemudian dibiarkan begitu saja.

Korban mencoba melarikan diri dengan mini bus superbend dengan hanya mengantongi uang Rp20 ribu. Akhirnya gadis malang ini di turunkan oleh sopirnya di Desa Sawah Baru.

Selama tiga hari gadis ini diurus, maka Dimpos melaporkan kepada sekretaris P2TP2A Kabupaten Kampar, Hafis Tohar, SH.

Mendengar peristiwa ini Ketua P2TP2S melihat kondisi gadis malang ini dan membawanya ke Bangkinang untuk di rawat di Kantor P2TP2A Kabupaten Kampar.

Dalam penjelasannya saat dikonfirmasi, Hafis membenarkan penemuan anak terlantar itu, "Anak ini akan kita rawat disini sementara untuk dimintai penjelasannya, namun setelah dicoba penjelasannya sering berubah.

"Besok akan mendatangkan  Fisikolog kita, mudah-mudahan semua peristiwa yang menimpa gadis malang itu segera terungkap," ujarnya.(Smi/jnn)