Foto untuk :

Kebun Pepaya Tak Jadi, Pelaku Pembakar Lahan Ditangkap Polisi


Tambang (Jarnas) - Seorang laki-laki berusia 36 tahun, KD warga Perumahan Kualu Berkah Indah Dusun III Desa Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar ditangkap polisi dan Satgas Gabungan Penanganan Karlahut, diduga melakukan pembakaran lahan seluas 3/4 hektar di Dusun Tanjung Kudu Desa Kualu Kecamatan Tambang pada Kamis (18/8) pukul 16.30 WIB.

Lahan itu ditumbuhi semak belukar yang sudah ditebas siap untuk dibakar. Di lokasi, Polisi menemukan tersangka dan barang bukti sebuah korek api mancis disaku celananya yang telah digunakan menyulut api pada lahan yang terbakar itu.

Menurut keterangan tersangka, lahan itu dibakar rencananya akan ditanami pohon pepaya, namun angan-angan pelaku urung jadi kenyataan, nasib badannya dia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Petugas mengamankan pelaku beserta barang bukti ke Polsek Tambang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Tersangka dan barang bukti telah diamankan di Polsek Tambang untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut, pelaku terjerat pasal 108 UU No 32 Tahun 2009 tentang pengelolaan lingkungan hidup dan atau pasal 108 UU No. 39 Tahun 2014 tentang perkebunan Jo pasal, " kata Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK melalui Kapolsek Tambang AKP RZ. Siregar S. Sos. (ty/jnn)