Foto untuk :

Kasilog Korem 031/WB : Belajar Praktis Langsung Bisa Praktek


Siakhulu (Jarnas) – Kasi Logistik Korem 031/Wirabima Kolonel Kav. Sabri mengatakan, pemikiran Bupati Kampar H. Jefry Noer benar-benar berlian, program memberantas kemiskinan untuk menjadikan masyarakat menjadi orang kaya baru.
 
Hal itu dikatakannya saat berkunjung di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Karya Nyata Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Jum’at (11/12).
 
Sabri mengatakan apa yang di formulasikan di P4S ini sangat baik sekali, kalau saya analisa untuk masyarakat desa nggak perlu harus kuliah lagi, nggak usah banyak-banyak ilmunya, yang penting ngerti apa yang disampaikan dan tahu apa yang mau dikerjakan.

Program pelatihan di P4S benar-benar bisa meningkatkan taraf hidup kedepannya,ujarnya.

Yakinlah, dengan program ini 2 sampai 3 tahun kedepan bapak-bapak bisa mewujudkan apa yang menjadi impian selama ini.
 
”Saya berharap bapak-bapak nantinya bisa merubah hidup dari kemiskinan menjadi kaya. kalau bapak-bapak sudah kaya dan kuat tidak akan mudah untuk dipengaruhi, dari masyarakat Kampar akan dapat mewujudkan cita-cita “Rakyat Kuat Negara Kuat “ucapnya.
 
Negara kita begitu luas dengan penduduknya padat tetapi yang punya kualitas sedikit, kalau SDM rendah ditambah miskin pula, itu yang mengakibatkan mudah untuk dipengaruhi oleh ideologi-ideologi lain,katanya.
 
Sementara Bupati Kampar H. Jefry Noer mengatakan apa yang dibuat oleh Pemkab Kampar ini adalah bagian dari bela negara. Bela negara itu tidak hanya angkat senjata, tetapi dengan meningkatkan ekonomi, karena kalau ekonomi bagus apapun program pemerintah untuk bela negara bisa teratasi dari penjajahan ekonomi, apalagi yang bersifat mengganggu kedaulatan NKRI.
 
Apa yang diajarkan di P4S kemudian dipraktekkan seperti demplot di Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

karena RTMPE bisa membuat sebuah keluarga mandiri, memenuhi kebutuhan sendiri dan meningkatkan perekonomian keluarga. Di lahan yang hanya seluas 1000 meter persegi, sebuah keluarga bisa mengembangkan beberapa usaha seperti peternakan sapi, peternakan ayam dan ayam petelur, kolam ikan, menanam tanaman pangan.(red/jnn)