Foto untuk : Kapolres Foto bersama Paslonbup zkampar

Kapolres Kampar Pimpin Pengamanan Debat Publik Paslonbup


KAMPAR (JasNas) - Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK memimpin pengamanan Debat Publik Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada Kampar. Sedikitnya 350 personil Polres, Polsek, BKO Brimob Polda Riau dan anggota TNI Kodi  0313 KPR di Ball room Hotel Labersa Kecamatan Siakhulu, Rabu (8/2) sejak pukul 17.00 WIB hingga pukul 23.45 WIB.

"Seluruh petugas disiplin namun humanis dan bertanggungjawab penuh dalam area pengamananya masing-masing yang telah diplot pada titik-titik tertentu dan sasaran pengamanan meliputi orang, tempat, kegiatan dan barang," kata Kapolres pada Apel Kesiapan Pengamanan didampingi Kabag Ops Kompol Suratman.

Kegiatan Debat Publik ini dimulai pada pukul 20.30 wib, tampak hadir Ketua KPUD Riau beserta komisioner, Ketua Bawaslu Riau dan anggota, Ketua KPUD beserta komisioner, Ketua Panwaslu Kampar beserta anggota, Pj. Bupati beserta Forkopimda Kampar lainnya dan juga Ketua DPRD Kampar.

Panitia membatasi jumlah pendukung Paslon sebanyak 60 orang saja yang boleh hadir langsung ditempat kegiatan Debat Publik ini.

Dalam acara itu, Kapolres menyampaikan apresiasi terhadap KPUD yang menyelenggarakan Debat Publik ini dengan baik, serta melakukan koordinasi yang baik pula dengan pihak Polri maupun pihak terkait lainnya.

Lebih lanjut disampaikan Kapolres Kampar, sesuai tema Debat Publik ini "Mencari Pimpinan Idaman Dalam Rangka Mewujudkan Pemerintah Bermarwah dan Bermartabat",. 

"Tema ini sangat bagus karena hal ini merupakan representasi dari tahapan Pilkada untuk melihat, menilai dan mengetahui kompetensi dan kemampuan kelima Paslon dalam memaparkan visi, misi serta program kerja sebagai calon-calon pemimpin terbaik kabupaten Kampar, yang nantinya harus mengayomi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kampar," terangnya.

Dia menghimbau para Paslon yang mengikuti Debat Publik ini agar dapat menjaga sportivitas, objektivitas dan semangat kebersamaan, juga mematuhi aturan debat yang telah ditentukan panitia atau moderator yang telah disepakati bersama, seperti tidak menyerang pribadi Paslon lainnya, suku, agama dan RAS, dan diharapkan para peserta memberikan contoh dan komitmen yang baik.

Kepada seluruh Parpol pendukung, tim sukses dan simpatisan masing-masing Paslon dapat menjaga ketertiban, keamanan selama debat berlangsung, tidak melakukan upaya-upaya provokasi, saling hujat, menghina dan menjelek-jelekkan pendukung paslon lainnya, karena pada prinsipnya kita semua bersaudara.

"Mari kita saling menghargai dan menghormati, boleh kita berbeda pilihan namun harus mengutamakan persatuan dan persaudaraan," ujarnya.

Terakhir Kapolres Kampar bersama pihak panitia dan KPUD telah sepakat untuk melakukan tindakan tegas terukur kepada setiap orang yang berupaya mengganggu kelancaran pelaksanaan Debat Publik ini.

Sementara itu Ketua KPUD Kampar, Yatarullah Sag menyampaikan bahwa kegiatan Debat Publik merupakan salah satu bentuk kegiatan Kampanye penyampaian visi, misi Paslon, "Saya harapkan kepada seluruh peserta untuk mematuhi tata tertib dalam pelaksanaan Debat Publik ini," katandai.

Dalam Debat Publik ini, semua Paslon terlebih dahulu memaparkan visi misinya secara bergantian, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pertanyaan oleh Paslon kepada Paslon lainnya terkait visi misi yang telah disampaikan serta tanggapannya.

Sampai akhir acara pada pukul 23.45 WIB, berlangsung dengan aman, tertib dan lancar dan diakhiri foto bersama. (ty/jnn)