Foto untuk : Kabid Dalduk DP2KBP3A Kampar, Iskandar Dalam Peringatan HLUN

Kampar Peringati Hari Lanjut Usia Nasional


BANGKINANG KOTA (JarNas) - Pemerintah Kabupaten Kampar memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-21 di halaman kantor Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A), Senin (29/5).

Dalam peringatan HLUN itu hadir Lansia dari Kecamatan Bangkinang Kota. Mereka mendapat pemeriksaan kesehatan gratis yakni pemeriksaan gula darah dan asam urat yang difasilitasi oleh Puskesmas Bangkinang Kota dan cek kepadatan tulang dari PT Kalbe.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Iskandar, SP mewakili Kadis DPPKBP3A, Drs Edi Afrizal, M.Si menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini sebagai media kegiatan Bina Keluarga Lansia dan pemenuhan hak-hak kesejahteraan lanjut usia. Harapannya ada kolaborasi lintas sektoral dalam kampanye kelompok BKL dan Kesejahteraan lanjut usia

Pelaksanaan kegiatan ini atas kerjasama DPPKBP3A, Dinas Kesehatan, BPBD, Dinas Sosial, UPTD Puskesmas Bangkinang Kota dan PT Kalbe.

Diperingati HLUN setiap tanggal 29 Mei sejak tahun 1966 dan kali ini dengan tema "Hidup Bermartabat di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera dengan subtema "Bersama Membangun Kepedulian Terhadap Lanjut Usia".

"Artinya, negara memiliki perhatian tinggi terhadap kesejahteraan lansia dan berpihak kepada hak-hak pemenuhan kebutuhan lansia dan pemerintah menjamin peningkatakan aktualisasi diri dan peran sosial lansia di masyarakat," ujarnya.

Pemdakab Kampar lanjut Iskandar, melalui DPPKBP3A melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi lansia, karena kesehatan lansia merupakan salah satu hak lansia sebagai penghormatan dan penghargaan kepada lansia.

Dia sampaikan bahwa DPPKBP3A sudah membentuk kelompok kegiatan (Poktan) BKL di kecamatan sebanyak 125 kelompok.

"BKL merupakan kelompok kegiatan keluarga yang mempunyai lansia tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga yang memiliki lansia untuk meningkatkan kualitas hidup lansia dan kesertaan pembinaan dan kemandirian serta kesejahteraan lansia," ujarnya.

Kapus Bangkinang Kota, dr. Elfianti memaparkan soal kesehatan dihadapan para Lansia yang hadir bahwa untuk hidup sehat harus menjaga pola makan dan minum yang sehat, selain banyak mengkonsumsi sayur mayur, buah, tidak makan makanan berminyak berlebihan dan olahraga teratur.

Di bulan puasa ini, kata mantan Kapus Kampar Timur, agar hidup sehat harus minum sebanyak delapan gelas sehari, dua gelas di waktu berbuka, malam sampai shalat tarawih empat gelas dan saat sahur dua gelas. (ty/jnn)