Foto untuk : Kak Eva Yuliana Lantik Kamabigus Lapas Bangkinang

Kak Eva Lantik Kamabigus Lapas Bangkinang


Bangkinang Kota (JarNas) – Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kampar, kak Eva yuliana melantik ketua Majelis pembimbing Gugusdepan Lapas kelas II B Bangkinang, Herri Suhasmin di halaman LP, Rabu (6/3).

“Selamat kepada Kamabigus yang juga adalah Kalapas Bangkinang dan pengurus yang baru saja dilantik, Saya selaku Ketua Kwartir Cabang Kampar sangat mendukung dengan adanya satuan komunitas Gerakan Pramuka di Lapas Kelas II B Bangkinang ini agar para warga binaan memiliki jiwa pramuka dan mendapatkan ilmu dan skill kepramukaan”, ucap Kak Eva.

Anggota DPRD Riau ini menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan berstatus badan hukum.

Dalam menjalankan fungsinya Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan non-formal di luar sekolah dan di luar lingkungan keluarga, menyelenggarakan berbagai macam upaya dilakukan oleh Gerakan Pramuka, sehingga kwartir nasional, kwartir daerah dan kwartir cabang dapat membentuk satuan komunitas pramuka sebagai organisasi pendukung yang berfungsi menghimpun dan mengkoordinasikan kegiatan gugusdepan berbasis profesi, aspirasi, atau agama, baik yang berada di satuan pendidikan maupun yang berada di komunitas.

“Saya sangat bersyukur terhadap semangat Kalapas Bangkinang ini mendirikan gugusdepan, ini adalah motivasi terbaik dalam membentuk karakter Satuan Komunitas (Sako) Gerakan Pramuka,” ujarnya.

Disamping itu istri mantan Bupati Kampar, H Jefry Noer ini berharap melalui gerakan pramuka para warga binaan memiliki karakter yang baik, karena pramuka bisa membentuk kepribadian.

Saya menghimbau kepada warga binaan yang telah tergabung ke dalam gugusdepan dapat memotivasi dan menjadi contoh bagi para warga binaan yang lain serta dapat mengajak warga binaan yang lain untuk dapat bergabung dan sama-sama memajukan Gerakan Pramuka di lingkungan Kwartir Cabang Kampar”, pintanya.

Hadir dalam acara itu Staf Ahli Bidang Pemerintahan mewakili Bupati Kampar selaku Kamabicab Gerakan Pramuka Kampar, Kakanwil Kemenkumham Provinsi Riau, Forkopinda dan Kepala OPD pemda Kampar.

Diantara pengurus Kwarcab yang hadir, Kak Nursal (Wakabid Organikum), Kak Desnawita (Wakabid Binawasa), Kak Jon Haril (Sekretaris), Kak Irma Suryani (Bendahara), para andalan, Kamabiran, Kakwarran se-Kabupaten Kampar.

Lapas yang ada di Provinsi Riau yang baru memiliki Kamabigus selain Kampar adalah Pekanbaru, Dumai dan Inhil dan di Kampar baru kali ini dikukuhkan dan dilantik. (Nty/jnn).