Foto untuk :

Kak Abas Bay Sesepuh Pramuka Wafat


Sosok alhmarhum kakak Abas bai yang dikenal selama ini sebagai pendiri serta memiliki kecintaan yang sepenuh hati terhadap pengembangan dan kegiatan untuk memajukan pramuka, akhirnya tutup usia 74 tahun untuk meninggkan kita semuanya, Abas merupakan salah seorang pendiri pramuka Riau.
 
Bupati Kampar H Jefry Noer,SH didampingi  isteri Hj Eva Yuliana,SE saat beliu meninggal langsung melayat kerumah duka  di Jalan Sudirman bangkinang rabu (12/8).
 
Jefry mengungkapkan, bahwa kepergian almarhum meninggalkan duka bagi kita semua, baik keluarga maupun keluagra besar pramuka di Kampar maupun di Riau.  Kita taum dalam kepramukaan semasa hidup sampai beliu tutup usia, walaupun beliu sakit dia tetapkan terus untuk mengikuti setiap rangkaian kegiatan pramuka.
 
Jefry selaku Bupati dan keluarga mendo’akan dan memberikan maf kepada beliau, agar kepergian beliu diterima disi allah. Kemudian kepada keluaga yangditinggal jangan kita terlalu meratapi kepergiannya, rasa sedih dan merasa tidak terima itu ada, tapi yang perlu bagi dia saat ini do’a dan keiklasan untuk kepergiannya menghadap allah SWT.
 
Semoga amal-amal baik beliau menjadi kelapangan didalam kubur , kecerahan dan jau dari siksaa kubur, Kita tidak tau dan tidak boleh takut dengan kematian sebab setiap yang bernyawa pasti akan mati. Hanya saja kita tidak tau kapan giliran kita, untuk itu agar kitatidak takutdengan kematian mari kita selalu meningkatkan amal ibadah kita kepada allah.
 
Sementara Nasrul selaku aliwaris menyampaikan bahwa almarhum dilahirkan di Desa Pulau Jambu Kecamatan kampar pada tanggal 24 Oktober 1941, 
Awalbeliau  berkecimpung dalam pramuka dengan pandu Anshor,  saat tutup usiapun
beliu masih aktip dalam anggota Mabida Riau.
 
Semasa hidup beliau dalam kepramukaan banyak memperolah prestasi antara lain,  sebagai Ketua Himpunan Pramuka Wareda Riau, pernah  meraih Jasa Panca Warsa dengan masa abdi 50 tahun di Keperamukaan,  serta pernah juga meraih Penghargaan Melati dari Presiden RI.
 
Almarhum saat ini meninggalkan isteri dan seorang putra yang telah berkeluarga, kepergian Abas meningkalkan duka bagi keluarga dan keluarga besar gerakan parmuka kampar bahkan provnsi riau