Foto untuk : Dirut PPSW Sumatera, Endang Sulfiana

FMS Nyatakan Sikap Pilih Caleg Perempuan Atau yang Peka Gender


Pekanbaru (JarNas)-Forum Multi Stakeholder (FMS) Propinsi Riau menyatakan sikap untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat secara langsung dan serentak agar semua rakyat Indonesia menggunakan hak pilih pada pesta demokrasi yang akan digelar april mendatang.

 

“FMS telah menyatakan sikap agar seluruh rakyat dapat menggunakan hak suaranya dalam memilih presiden, wakil presiden, DPD-RI, DPR-RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota, jangan golput, pilih caleg perempuan atau yang peka gender,” kata Direktur PPSW Sumatera, Endang Sufiana pada acara Pertemuan FMS Provinsi Riau, Senin (25-26 Maret 2019) di Pekanbaru.

 

Dia sampaikan bahwa FMS sebagai kumpulan berbagai stake holder di tiga kabupaten kota yang ada di Propinsi Riau yaitu Pekanbaru, Kampar dan Rokan Hilir yang terdiri dari institusi pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat. Ormas, LSM, FKPAR yang berdiri di tahun 2016 konsisten bergerak untuk pemenuhan dan perlindungan Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) perempuan menuju keadilan dan kesetaraan gender, telah melihat bahwa Pemilu sebagai salah satu indikator utama demokrasi, sampai saat ini belum dapat menunjukkan prosentase signifikan untuk keterwakilan perempuan di badan perwakilan maupun di kepemimpinan.

 

“Demokrasi tanpa kehadiran perempuan yang signifikan belum demokrasi. Meski berbagai aturan untuk kuota perempuan di politik sebagai komitmen Indonesia terhadap tindakan nyata percepatan kesetaraan perempuan dan laki-laki telah dikeluarkan, tetapi belum dapat secara nyata meningkatkan prosentase minimum perempuan di parlemen”, ujarnya.

 

Pernyataan sikap itu, sebagai berikut :

 

1.         Terus mengawal seluruh proses tahapan PEMILU yang sesungguhnya  secara selektif terutama di Dapil dimana FMS bertempat tinggal dengan memegang teguh nilai persatuan dan kesatuan

2.         Mengajak seluruh masyarakat Propinsi Riau untuk menggunakan hak pilihnya  sebagai warga negara yang berdaulat pada PEMILU tanggal 17 April 2019

3.         Khusus untuk PEMILU 2019, memilih Caleg perempuan atau Caleg yang peka gender untuk DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR-RI, menganalisis agenda politik yang bersangkutan  dan Parpol yang sesuai dengan kepentingan politik perempuan akar rumput.

4.         Memilih calon DPD RI perempuan atau peka gender dengan menganalisis Agenda Politik  yang peka gender dan berkomunikasi secara efektif.

5.         Memilih Presiden/ Wakil Presiden yang peka gender dengan menganalisis Agenda Politik, memiliki rekam jejak yang bersih, dan menghormati gerakan masyarakat sipil khususnya perempuan akar rumput.

6.         Menjaga keamanan, persatuan, dan kesatuan di seluruh masyarakat untuk kesuksesan pemilu

Sikap itu dinyatakan di Pekanbaru pada 26 Maret 2019 dengan contact person:

1.         Asmanidar (Ketua  FMS Propinsi Riau), HP.0852 6557 5803

2.         Susilawati (FMS Kota Pekanbaru) Hp. 0812 6839 0833

3.         Misrahayati (Bendahara FMS Kab. Kampar) HP.0852 6548 2173

4.         Ediawati (Ketua FMS Kab. Rokan Hilir) Hp.0852 6586 7060

5.         Endang  Sulfiana (Direktur PPSW Sumatra/ Lembaga Pendamping FMS) HP. 0812 9160031.

 

“Semua perempuan ingin ada yang mewakili kepentingannya agar dapat terpenuhi segala kebutuhan dan hak-hak kaum perempuan, sehingga berharap semuanya peka terhadap kepentingan gender,” ujar Endang. (ty/jnn)