Foto untuk :

Dekla Kampar mulai dikenal banyak kalangan sampai ke Pejabat


Siak(Jarnas) -  Selama ini Minuman Degan Klamut atau yang biasa di sebut dekla Khas Kabupaten Kampar kurang dikenal masyarakat Provinsi Riau, dengan adanya perhelatan Tahunan MTQ Tingkat Provinsi Riau ke 34 di Siak, Dekla mulai dikenal banyak kalangan sampai ke kalangan Pejabat Siak.

Dekla merupakan minuman air kelapa dingin yang dicampur Jely, sangat pas diminum saat cuaca panan maupun dingin, karena itu banyak di minati semua kalangan.

Mulai dari Sekretaris Daerah hingga Bupati Siak sendiri sangat menyukainya, terbukti dengan dipesannya 90 butir Dekla khusus untuk jamuan tamu pada acara peresmian Air Mancur Maharatu yang kemarin malam diresmikan Bupati Siak Syamsuar.

Demikian dikatakan Penanggung Jawab Stand Bazar Kabupaten Kampar Muslim, distan Bazar Kabupaten Kampar, Kamis (19-11).

Ditambahkan Muslim hampir setiap hari ada saja masyarakat pengunjung stan Kabupaten Kampar yang mencicipi minuman menyegarkan khas Kelapa, hari ke dua saja dekla telah habis terjual 178 butir, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Pasar mengaku kewalahan menyediakan minuman Kelapa itu, ungkapnya.

Memasuki Hari ketiga, Dekla sempat kehabisan stok, baru Kamis (19/11) stok masuk 120 butir, karena itu dirinya berharap, ketersediaan Dekla jangan sampai putus sampai ditutupnya stan pameran, mengingat ketertarikan masyarakat pengunjung stan Bazar masih tinggi.

Selain minuman produk yang dipamerkan ada juga makanan khas lainnya, seperti Dadio, Kue Jalo, Kue Bolu, Kue Pani'gam, Jeruk Kuok juga paling diminati pengunjung, ujar Muslim.

Kepala Dinas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pasar (Disperindagpas) Kampar Amin Filda menyampaikan telah berupaya mengenalkan produk ini, agar produsen Dekla semakin mudah memasarkan produksinya, dan semakin meningkatkan produksi Dekla.

Inilah yang diharapkan Disperindagpas dalam membantu usaha masyarakat, tujuannya agar tercipta iklim usaha yang kondusif, selain itu bantuan permodalan,  perlindungan usaha,  pengembangan kemitraan,  pelatihan, membentuk lembaga khusus,  memantapkan Asosiasi, mengembangkan promosi dan mengembangkan kerjasama yang setara ujar Amin Filda.

“Semoga dengan adanya ivent-iven seperti ini minuman Khas Dekla bertambah membumi di Provinsi Riau, tidak saja pada saat ada Ivent, dihari biasa pun hendaknya Dekla mudah dijumpai masyarakat Riau  pungkas Amin Filda. (ty/jnn)