Foto untuk :

Defrizal Minta Pemkab Kampar Tingkatkan Anggaran Wisata


Bangkinang Kota (JarNas)- Tokoh muda asal Kecamatan XIII Koto Kampar, Kelurahan Batubersurat, Defrizal meminta kepada Pemdakab Kampar meningkatkan anggaran untuk pengembangan wisata agar dalam pengelolaannya lebih maksimal.

"Minimnya perhatian pemerintah terhadap peningkatan pariwisata sangat disayangkan oleh masyarakat XIII Koto Kampar. Banyak wisata alam di Kampar hanya dikelolah oleh pihak swasta", kata dia, Selasa (27/7) sore.

Defrizal menyebutkan Kampar merupakan kabupaten yang memiliki potensi untuk meningkatkan PAD melalui wisata alam, namun sangat disayangkan wisata alam yang ada di sekitar Kecamatan XIII Koto Kampar hanya dikelolah oleh pihak swasta.

"Daerah kita ini kaya dengan sumber daya alam, tetapi pemerintah kurang jeli mengelolahnya. Seperti tempat wisata yang ada di daerah kita ini, hanya satu dikelolah oleh pemda yaitu Candi Muaratakus, sementara tempat lain seperti Ulukasok, Puncak Kompe, Cubodak Hill, Tepian Mahligai, Bukit Kelok Indah, dan Puncak Tuah itu dikelolah oleh pihak swasta," , kata dia.

Untuk tempat wisata di Kampar ini sangat jauh tertinggal oleh Sumatra Barat, karena tempat wisata di Sumbar tertata rapi dan dikelolah oleh pemerintahnya, sehingga daerah tersebut bisa menghasilkan PAD dari tempat wisata itu.

"Kita minta kepada pemerintah untuk lebih meningkatkan anggaran pariwisata, karena tanpa anggaran dinas pariwisata tidak akan bisa mengelolahnya, seperti wisata alam Danau Rusa, sebenarnya tempat itu memiliki pemandangan yang begitu indah, dan jika dikelolah dengan betul saya yakin pengunjungnya akan membludak, dan juga pihak terkait jangan takut untuk mempublikasikan tempat wisata yang kita punya kepada media, karena melalui media orang tahu keindahhan alam yang kita miliki," imbuhnya.(lan/jnn)