Darurat Asap, Warga Kampar Terserang ISPA 1.826 Orang


Bangkinang (Jarnas) - Bencana asap di Kampar akibat Kebakaran Hutan dan Lahan semakin mengkhawatirkan. Jumlah warga yang terserang Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) karena menghirup asap meningkat drastis.


Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) pada Dinas Kesehatan Kampar Dedy Sambudi menyebutkan, berdasarkan data terakhir yang dirangkum mulai 1 hingga 20 Oktober 2015, warga terserang ISPA mencapai 1.826 orang.


Rata-rata lebih dari 100 orang terserang ISPA setiap hari ungkapnya, kamis (22/10).


Menurut Budi, sapaan akrabnya, laki-laki paling banyak terserang ISPA yakni, 926 orang, sedangkan perempuan sebanyak 900 orang.


Data dirangkum dari penderita yang telah ditangani seluruh Puskesmas di bawah naungan Dinas Kesehatan Kampar.


Menurut Budi, penyakit lain yang menyerang warga juga bertambah.
diantaranya iritasi Kulit berjumlah 89 orang, masih didominasi laki-laki sebanyak 53 orang sisanya perempuan.


Jumlah warga yang terserang Asma berada di posisi ketiga, sebanyak 74 orang laki-laki 44 orang dan perempuan 31 orang.


Berikutnya iritasi mata sebanyak 61 orang, didominasi perempuan sebanyak 35  sedangkan laki-laki 26 orang, terakhir Pneumonia sebanyak 6 orang.


Sementara itu direktur RSUD Bangkinang Dr Wira Darma mengakui bahwa pasien untuk penyakit ISPA  ini meningkat tiap harinya.


Untuk rawat jalan sudah 315 prang dan rawat inap 261 orang, terangnya, ini dari bulan september sampai oktober, untuk anak- anak mencapai 200 orang yang rawat inap dan jalan, namun penyakit ISPA tidak tertutup kemungkinan untuk bertambah, tandasnya.(dm/jnn)