Foto untuk : Bupati Kampar, H Catur Sugeng Susanto, SH Serahkan Sembako kepada Masyarakat

Bupati Kampar Bagikan 1590 Paket Sembako dan 1700 Masker.


Kampar (JarNas)- Bupati Kampar, H Catur Sugeng Susanto,SH bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) membagikan 1590 paket sembako dan 1700 masker untuk membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 di lima kecamatan, Bangkinang Kota, Bangkinang, Kampar, Kampa dan Siakhulu sejak Senin (20/4/2020).

 

Pembagian seribu buah masker dan sembako sebanyak 700 paket diberikan untuk masyarakat Desa Muara Uwai di halaman Kantor Camat Bangkinang dan 250 paket diserahkan di kantor Desa Bukit Payung, “Ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi akibat wabah covid-19”, kata Catur didampingi Kapolres Kampar, Dandim 0313/KPR serta Ketua DPRD Kampar, Sekda, Yusri

Selain dibagikan secara simbolis di kantor desa, paket sembako berisi beras 10 kg, minyak goreng, gula pasir, teh serta indomie itu juga langsung diberikan kerumah-rumah warga yang ada disana.

Catur yang juga Ketua Gugus Covid-19 menghimbau masyarakat tetap di rumah saja, memakai masker apabila terpaksa harus keluar. Pemerintah daerah berupaya dapat memberikan bantuan untuk meringankan beban masyarakat beruba sembako.

Di hari kedua, Selasa (21/4) paket sembako diserahkan oleh bupati didampingi Kadis Kesehatan, Dedi Sambudi, Kadis Sosial, Zamzami, Kadis Perhubungan, M Amil Filda dan Kadis Kominfo dan Persandian, Arizon di Kantor Lurah Langgini Kecamatan Bangkinang 400 paket sembako, dilanjutkan pembagian masker di Pasar Air Tiris Kecamatan Kampar serta Pasar Kampa Kecamatan Kampa.

Bupati membagikan masker di Pasar Air Tiris sebanyak 700 buah gratis kepada pengendara motor, mobil, pedagang serta siapapun yang berada dilokasi, “kegiatan ini akan terus dilakukan kedepan guna mencegah penyebaran Covid-19 untuk sedikit meringankan beban masyarakat”, ujarnya.

Pada hari yang sama, Pemkab Kampar juga membagikan 600 paket sembako di Desa Pandau Jaya Kecamatan Siakhulu dilakukan oleh Sekdakab Kampar, Yusri didampingi Wakil Ketua DPRD Kampar, Repol dan kepala OPD terkait, Camat Siakhulu, Fajri Hasbi dan sebagian kades yang ada disana

“Desa Pandau ini menjadi perhatian pemerintah karna saat ini ada dua kasus positif terpapar corona,  permasalahan penanganan penyebaran virus corona menjadi tanggungjawab bersama sehingga  diutamakan desa ini untuk pembangian sembako sebagai upaya pemerintah membantu meringankan beban masyarakat yang berdampak langsung”, jelas Yusri.

Dijelaskan, bahwa bantuan yang disalurkan itu berupa beras sebanyak 600 paket sembako dan 600 paket beras, dikemas berisikan beras, mie instan, telur, minyak goreng dan gula pasir yang diberikan kepada masyarakat pada 12 desa yang ada disana. Bantuan diberikan kepada masyarakat yang paling berhak menerimanya dilakukan secara bertahap.

Yusri tidak lupa menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar tetap selalu berada di rumah, biasakan hidup sehat dan selalu mencuci tangan dan jika ingin keluar rumah maka pakailah masker agar mata rantai penyebaran virus corona ini bisa cepat hilang di daerah kita.

 

Serupa dengan itu, Repol menyampaikan bahwa bantuan diberikan sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat terdampak covid-19 untuk meringankan beban perekonomian masyarakat dan selain ini akan ada bantuan lain seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

“Saya mengucapkan ribuan terimakasih kepada bapak Bupati Kampar, Pak Catur dan pak Sekda, Yusri beserta jajaran yang turun langsung membagikan paket sembako, ini sangat membantu kami yang berdampak akibat virus corona karena kami tidak bisa lagi bekerja seperti biasanya”, kata Herman salah seorang warga. (ty/jnn)