Foto untuk :

Bupati Kampar : Hadapi Perdagangan Bebas diikuti Peningkatan Pendapatan Keluarga


Pekanbaru (Jarnas)- Dalam menghadapi Indonesia, Malaysia, Thailand Golden Triangle (IMT-GT) harus mampu menyusun program peningkatan pendapatan ekonomi keluarga dalam menyambut era perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Hal ini perlu di kaji dan di canangkan Pemerintah Daerah dalam mempersiapkan kedua agenda Asean diatas, demikian disampaikan Bupati Kampar H Jefry Noer usai menghadiri Rapat Pimpinan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Riau tahun 2015, di Hotel Arya Duta Pekanbaru, Rabu ( 18/11).

Pemerintah Daerah harus dapat mengarahkan Kebijakan dalam memajukan Masyarakat terutama Petani karena persentase terbesar berada pada bidang pertanian. "suatu daerah dapat dikatakan sejahtera apabila Masyarakat petani makin sejahtera" Kata Jefry Noer.

Di Kabupaten Kampar saat ini telah melaksanakan Program Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energy (RTMPE), melalui usaha ini apabila di lakukan dengan sungguh-sungguh maka penghasilan masyarakat diatas rata-rata" asalkan jangan menjadi manusia “tulang rusuk Panjang” alias pemalas,ungkap Jefry.

“Dengan mandirinya suatu Rumah tangga atau keluarga disokong dengan adanya entrepreneurship (kewirausahaan) tentunya akan siap dalam menghadapi persaingan bebas Asean” Tambah Jefry Noer.

Selain memajukan petani, hal lain yang perlu dimajukan oleh daerah adalah dengan membuka pelung investasi,serta kebijakan-kebijakan pemerintah yang bermuara pada terbukanya lapangan pekerjaan.

Senada apa yang disampaikan oleh Bupati Kampar H Jefry Noer Kepala Badan Pelayanan,perizinan dan Penanaman Modal Kabupaten Kampar Ali Sabri mengatakan bahwa Kampar Siap menerima dan membantu para investor yang akan  berinvestasi di Kabupaten Kampar.

Dengan adanya Investor yang masuk akan memberikan peningkatan ekonomi masyarakat karena terbuka peluang tenaga kerja lokal, peningkatan Pendapan Asli Daerah (PAD), sekaligus peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan ini secara otomatis akan mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Sesuia sasaran pembangunan di Kabupaten Kampar untuk mewujudkan Program 3 Zero yakni zero Kemiskinan, zero pengangguran dan zero rumah kumuh dengan menjalankan program lima Pilar Pembangunan Kampar.

Selain Bupati Kampar acara tersebut dihadiri oleh Plt Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rahman sekaligus membuka secara resmi Rapim Kadin 2015, terlihat juga Komisaris Utama Bank Riau Kepri HR Mambang Mit dan para pelaku usaha di seluruh Riau.(al/jnn)