Foto untuk :

BKBPP Taja Pengembangan Forum Anak Tingkat Kecamatan


BANGKINANG KOTA(JARNAS) -Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Kampar melaksanakan kegiatan Pengembangan Forum Anak pada tingkat kecamatan sekabupaten Kampar  selama tiga hari mulai (20 sampai 22 November) di Bangkinang.


"Pentingnya partisipasi anak bertujuan menjamin agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial serta dapat memperoleh perlindungan, sehingga pada saatnya nanti anak mampu menjawab tantangan zamanya," kata Kepala BKBPP, Ir Cokroaminoto, MM kepada media ini Selasa (24/11).


Dia katakan, pengembangan potensi dan kreativitas anak baik secara pemikiran maupun dalam kegiatan, semua itu dibangun atas dasar kesadaran bahwa pihak yang paling mengetahui masalah kebutuhan dan keinginan anak adalah anak itu sendiri.


Mantan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kampar ini mengatakan bahwa
pembentukan forum anak merupakan salah satu media atau pranata untuk memenuhi hak partisipasi anak yang telah diselenggarakan di kabupaten kampar setiap tahunnya.


Kebijakan pemerintah di bidang partisipasi anak adalah dengan pembentukan wadah-wadah partisipasi anak sebagai media untuk mendengarkan dan menyuarakan aspirasi, pendapat dan harapan anak sebagai bentuk partisipasi anak dalam proses pembangunan.


Forum anak adalah merupakan salah satu bentuk fasilitasi bagi anak-anak untuk membangun kemitraan dengan unsur pemerintah dan organisasi masyarakat dalam mendiskusikan masalah-masalah anak yang selanjutnya akan menjadi rekomendasi bagi pemerintah baik ditingkat nasional maupun di daerah sebagai salah satu pengemban tugas.


Forum ini juga diharapkan dapat merumuskan suatu pola/mekanisme untuk pengembangan partisipasi anak dalam sebuah forum atau bentuk kegiatan lain diharapkan pula unit pemberdayaan perempuan selanjutnya akan berperan selaku “focal point” untuk mengkoordinasikan dan memfasilitasi pelaksanaan hak termasuk memfasilitasi kegiatan pengembangan partisipasi anak dalam sebuah forum atau bentuk  kegiatan lain yang dapat menampung segala bentuk partisipasi dan aspirasi anak serta dapat berfungsi sebagai wahana penyaluran bakat, minat sekaligus sebagai ajang berkreasi dan rekreasi sambil refreshing bagi anak.


Dalam kegiatan itu BKBPP menghadirkan tiga orang narasumber masing-masing Usman Basuni, Bse, Stat, SE, MA,MPHR dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sri Duni dari BPPPAKB Provinsi Riau, Ade Irma Sakina dari Forun Anak ASEAN. (ty/jnn)