Foto untuk :

Belum Ada Parpol Di Kampar Penuhi Syarat Bacaleg


Bangkinang (JarNas) - Seluruh partai politik di Kabupaten Kampar yakni 16 parpol dinyatakan belum memenuhi syarat kelengkapan administrasi bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) untuk Pemilihan Umum Legislatif tahun 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Kampar memberikan kesempatan kepada pengurus parpol maupun Bacaleg untuk melengkapi dan memperbaiki administrasi Bacaleg sampai tanggal 31 Juli 2018 mendatang.

Ketua KPU Kampar Yatarullah, Jum'at (20/7/2018) mengungkapkan, hari ini KPU Kabupaten Kampar menyerahkan hasil verifikasi dan keabsahan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) kepada 16 pengurus parpol di tingkat Kabupaten Kampar di kantor KPU Kampar.

Ia mengatakan, belum lengkapnya syarat kelengkapan administrasi Bacaleg setiap parpol bervariasi. "Ya contohnya sepeti KTP  yang tidak KTP elektronik, ijazah belum dilegalisir, surat pengunduran diri sebagai kepala desa dan ada juga tadi yang juga SKCK nya yang belum. Selain itu ada yang belum melengkapi surat keterangan sehat jasmani dan surat bebas narkoba ada juga yang belum," terang Yatarullah

Dikatakan, KPU Kampar telah menginstruksikan kepada pengurus parpol 
untuk melengkapinya sampai batas akhir perbaikan tanggal 31 Juli 2018 nanti atau  selama 11 hari kedepan.

Jika Bacaleg belum mampu memenuhi kekurangan ini sampai batas akhir masa perbaikan maka sesuai Peraturan KPU (PKPU) maka KPU Kampar berhak mencoret Bacaleg tersebut dari daftar.

Parpol juga masih punya kesempatan mengganti Bacaleg yang diajukan sampai batas akhir masa perbaikan.

Parpol juga tidak wajib memenuhi kuota maksimal calon di daerah pemilihan. Namun dengan catatan kuota perempuan sebanyak 30 persen bisa terpenuhi. (Netty/jnn)