Foto untuk : Bupati tanadatangani prasasti peresmian majalah ocean school SMA 2 Siak Hulu

Optimalkan Waktu Belajar dan Tingkatkan Prestasi


Siak Hulu (Jarnas)- Sekolah Menengah Atas (SMA) 2 Kecamatan Siak Hulu gelar acara launching majalah ocean school dan pelepasan alumni siswa SMA 2 Siak Hulu ke Al-Azhar University Kairo Mesir di lapangan bola basket SMA 2 Siak Hulu, senin (1/8).

Salah satu alumni yang mendapatkan kesempatan berangkat ke Universitas Al Azhar di Kairo Mesir Pelajar SMA 2 Anggun Zuhdi.  SMA 2 Siak Hulu merupakan salah satu sekolah unggulan yang ada di Kabupaten Kampar, selain lokasi sekolah yang strategis SMA 2 juga memiliki program peningkatan prestasi bagi siswanya, terlebih saat ini siswanya mencapai 900 orang lebih.

Bupati Kampar Jefry Noer mengharapkan peningkatan prestasi dunia pendidikan di Kabupaten Kampar. Optimalkan waktu belajar dan tenaga pengajar, katanya dengan program mengajar 2 shift diharapkan dapat mengoptimalkan waktu belajar mengajar dan efisiensi tenaga pendidik.

Biasanya tenaga pengajar sibuk mengejar target memenuhi jam mengajar, namun dengan sistem 2 shift diharapkan target jam mengajar para guru untuk mengejar sertifikasi dapat terpenuhi dan siswa mendapatkan jam belajar yang optimal sehingga ilmu yang didapat lebih maksimal.

"Upayakan sistem mengajar menjadi 2 shift, sehingga tidak perlu lagi guru jauh - jauh mengajar untuk menutupi target sertifikasi, dengan cara ini diterapkan maka jam mengajar guru terbantu dan anak didik mendapatkan ilmu yang maksimal" ujar Jefry Noer.

Selain itu Jefry menegaskan kepada Kepala Dinas untuk menindak UPTD maupun kepala sekolah yang masih melakukan pungutan liar, karena ujung tombak maju atau mundurnya dunia pendidikan terletak pada perangkatnya maka disitulah perlu adanya kontrol dan pengawasan.

Jefry juga menyinggung masalah kepala sekolah yang menjual baju sekolah kepada siswa dengan harga yang tinggi dan mengatas namakan Bupati seperti contoh beberapa waktu lalu kedapatan langsung ketika dirinya turun kelapangan.

Jangan ada lagi kepala sekolah yang menjual baju dengan harga tinggi, kita membantu orang tua dengan memberi bantuan pakaian gratis bagi siswa kurang mampu, menjual seragam dengan harga murah dan kwalitas terbaik tapi bukan dengan memaksa. Kalaupun ada seragam kakaknya yang masih layak pakai itupun diperbolehkan dipakai jangan memberatkan orang tua siswa intinya. Dan saya juga tidak mau dengar adanya pungutan liar maupun biaya perpisahan" tegas Jefry Noer.

Pada acara launching juga dihadiri anggota DPRD Kampar Rahmad Jevary Juniardo dan Iip Nursaleh, Danramil Siak Hulu, Kadis Pendidikan dan kebudayaan Kampar Nasrul bersama staff dan kepala UPTD pendidikan serta tenaga pendidikan bersama siswa SMA 2 Siak Hulu.

Tokoh pemuda Kabupaten Kampar sekaligus Anggota DPRD Kampar Rahmat Jevary Juniardo mengatakan kepada kepala Dinas Pendidikan dan kepala sekolah untuk segera memikirkan upaya kedepan dalam menyikapi keterbatasan lahan yang ada, terlebih lagi bangunan sekolah saat ini dalam jangka beberapa tahun kedepan tidak akan sanggup lagi menampung siswa.

"Mari kita fikirkan untuk persiapan beberapa tahun kedepan, karena lahan yang semakin sempit maka kita siasati pembangunan gedung baru dengan pondasi yang kuat untuk 3 tingkat, walaupun bangunan yang didirikan baru satu tingkat agar dimasa yang akan datang kita hanya tinggal menambah keatas" ungkap Ardo sapaan akrabnya. (al/jnn)