Foto untuk : Bupati Jefry Noer bersama mahasiwa HI yang melakukan peninjauan di lokasi RTMPE

Jefry Noer ; Jadilah diplomat yang Entrepreneurship


Siak Hulu(Jarnas)-diplomat adalah cita-cita yang akan dicapai dan diraih oleh mahasiswa hubungan International, namun setelah menjadi diplomat hendaklah menjadi diplomat yang memiliki jiwa yang entrepreneur yang tidak hanya bergantung dengan gaji selaku PSN namun juga dapat memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat lainnya.

Demikian disampaikan oleh Bupati Kampar H. Jefry Noer saat menerima kunjungan dari mahasiwa hubungan International dari 37 Kampus se Indoensia yang melakukan peninjauan di lokasi Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) Kabupaten Kampar pada Rabu, 12/5.

Dijelaskan Bupati pada umumnya di Indonesia termasuk di Kabupaten Kampar, pertanian secara umum dilakukan berdasar keturunan, apa yang dilakukan banyak orang itulah yang dilakukan oleh masyarakat secara luas, namun di Kabupaten Kampar kita latih, berikan teori. dan terapkan di lapangan terhadap ilmu yang dituntut.

Selanjutnya setelah menyelesaikan pelatihan maka kita kasih modal, ada pertanian, peternakan, bawang, cabe,  maupun sapi bekerjasama dengan perbankan maupun perusahaan melalui CSR nya.

"Mari kita coba untuk membuka peluang entrepreneuship, karena tidak semua akan menjadi diplomat dan PNS" Kata Jefry dihadapan lebih kurang 200  mahasiswa  Hubungan International tersebut.

"Bagiamana hidup ini dapat bermanfaat bagi orang lain, disini adalah percontohan jadi disini disajikan percontohan bagi masyarakat yang ingin sukses dan pelaksana entrepreneurship bagi masyarakat, dimana Kampar telah melakukan pelatihan terhadap masyarakat miskin sesuai pada bidangnya.

Indonesia akan makmur jika pemerintah mau dan masyarakat pun ikut serta menjadikan masyarakat yang enterpreneurship. ini dapat dilakukan dengan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat.

banyak usaha yang dapat dikembangkan selain dunia pertanian seperti tanaman bawang dan cabe dan ada juga peternakan seperti ternak sapi,ayam dan lainnya.

Kepada mahasiswa yang melakukan kunjungan ke Kabupaten Kampar dan meninjau RTMPE agar kedepan dapat menjadi mahasiswa yang mandiri dan nantinya dapat bermanfaat bagi keluarga, masyarakat maupun negara.(al/jnn)