Foto untuk : Bupati Kampar Jefry Noer foto bersama perusahaan dan peserta FAC Kecamatan dan Desa bebas api di Tiga Dara Hotel

Bupati Dukung Komitmen Perusahaan Dan Desa Cegah Karhutla


Siakhulu (Jarnas)- Komitmen bersama pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan dilakukan oleh PT. Riau Andalan Pulp and Paper (PT. RAPP) dengan Desa yang rawan kebakaran di Kabupaten Kampar.

Komitmen sekaligus Sosialisasi Fire Awreness Comonity Kecamatan dan Desa bebas api mendapat apresiasi dan dukungan Bupati Kampar H.Jefry Noer ,SH dan dilaksanakan di Tiga Dara Hotel Siak Hulu, kamis sore (23/6). 

Kecamatan dan Desa yang ikut dalam penandatangan komitmen diantaranya Kecamatan Salo, Tambang, Kampar Kiri Tengah, Kampar Kiri, dan Desa Gunung Sahilan. Kemudian Desa yakni Desa Kuntu, Rantau Kasih, Teluk Paman, Gunung Sahilan, Sei Lipai, Siabu, Simalinyang, Penghidupan. Selain beberapa Kecamatan dan Desa, dalam penandatanganan juga diikuti Bupati Kampar, Kapolres Kampar, Dandim 0313/KPR serta PT. RAPP sendiri.

Jefry Noer mengungkapkan atas nama pemerintah daerah dan selaku Bupati Kampar sangat mendukung apa yang dilakukan RAPP. Semoga karhutla tidak terjadi lagi karenanya Kami mendukung penuh program FAC agar kita bisa hidup tentram bebas dari asap dan ini sangat penting bagi pemda Kampar sendiri.

Masalah karhutlah seperti dikatakan Presiden RI Jokowi ketika berkunjung ke Kampar beberapa waktu lalu saat terjadinya karhutlah, Polri dan TNI yang berada di garda terdepan tetapi tidak mungkin terselesaikan tanpa ada dukungan semua pihak,kata Bupati.

Sudah dua orang Presiden RI yakni DR Susilo Bambang Yudoyono dan Jokowidodo yang datang ke Kampar guna meninjau kebakaran hutan dan lahan, dengan adanya komitmen dan soaialiasi FAC ini jangan sampai ada Presiden RI datang lagi ke Kampar hanya untuk meninjau Karhutla, terang Jefry.

Kepada para Camat dan Kades untuk betul-betul memahami hal ini dan terus sosialisasikan tentang aturan dalam pembakaran hutan dan lahan pada masyarakat agar masalah karhutla tidak lagi terjadi, kedepan kita akan rencanakan memberikan Reward bagi daerah yang tidak terjadi karhutla,ungkap Jefry.

Sementara Managemen PT. RAPP Edi Yusup menyampaikan bahwa sosialisasi Fire Awreness Comonity (FAC) Desa Bebas Api merupakan komitmen perusahaannya untuk pencegahan Karhutla di Riau, termasuk mewujudkan zero fire pada tahun 2016 yang sejalan dengan misi pemerintah.

Sejalan dengan instruksi Presiden, kita ingin tunjukkan keseriusan perusahaan, apa yang dianggap tidak mungkin oleh orang lain untuk Zero Fire (Nol Kebakaran.red), bisa kita wujudkan bersama-sama dengan masyarakat Desa.

Edi mengharapkan setiap pihak bisa menyamakan pemahaman dalam menekan terjadinya karhutlah di tahun 2016. Dengan pemahaman sama, maka pengelolaan pencegahan kebakaran bisa dilaksanakan dengan baik. Dimana sebelumnya perusahaan juga telah memberikan instruksi kepada seluruh jajaran untuk menciptakan zero fire 2016. (adv/jnn)